get app
inews
Aa Read Next : Tiga Tahun Berturut-turut, BAT Indonesia Kembali Raih HR Excellence Award

CEO Broadcom Tan Hock Eng Kantongi Rp2,45 T per Tahun, Gaji CEO Teringgi di Dunia

Sabtu, 21 September 2024 | 06:01 WIB
header img
Presiden sekaligus CEO Broadcom Tan Hock Eng menjadi CEO dengan gaji tertinggi di dunia dengan gaji tahunan sebesar 161,83 juta dolar AS atau setara Rp2,45 triliun. (Foto: Broadcom)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Gaji Chief Executive Officer (CEO) perusahaan ternama menerima bayaran yang sangat tinggi. CEO dikenal sebagai pejabat eksekutif tertinggi di perusahaan.

Beberapa nama terkenal dalam kategori ini antara lain Tan Hock Eng dari Broadcom dan Stephen Schwarzman dari Blackstone. Namun, miliarder seperti Bernard Arnault dari LVMH dan Elon Musk dari Tesla tidak termasuk dalam daftar CEO dengan gaji tertinggi.

Melansir dari Prestige, nama-nama seperti Warren Buffett dan Mark Zuckerberg, yang juga memegang jabatan CEO, sama seperti Arnault dan Musk, menerima gaji yang relatif kecil.

Arnault hanya memperoleh 8,01 juta euro per tahun dari posisinya, termasuk bonus dan tunjangan.

CEO Berkshire Hathaway

Sementara itu, CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett, dapatkan 100.000 dolar AS per tahun selama lebih dari 35 tahun, sedangkan gaji Elon Musk sebagai CEO Tesla pada tahun 2023 tercatat nol dolar.

Mark Zuckerberg, CEO Facebook, juga tercatat hanya menerima 1 dolar AS sebagai gaji pokok di tahun 2023, meskipun dia menerima kompensasi lainnya senilai 24,4 juta dolar AS.

Menurut laporan dari Economic Policy Institute tahun 2022, gaji tahunan CEO meningkat sebesar 1.460 persen sejak 1978, dengan CEO rata-rata menghasilkan 399 kali lipat dari pendapatan pekerja biasa pada tahun 2021.

Pertumbuhan gaji CEO ini jauh melampaui pertumbuhan pasar saham S&P yang hanya meningkat 1.063 persen.

Selain itu, pertumbuhan gaji CEO juga melebihi peningkatan 385 persen untuk 0,1 persen pekerja dengan gaji tertinggi dari tahun 1978 hingga 2020.

Namun, laporan Tren Gaji CEO dari Equilar tahun 2023 menunjukkan bahwa kompensasi CEO Equilar 500 menurun sebesar 1,3 persen pada tahun 2022, setelah mencapai puncak pada tahun 2021 dengan kenaikan rata-rata 18,4 persen akibat penghargaan atas kinerja selama masa pandemi.

Rata-rata bonus tahunan CEO juga turun sebesar 5,7 persen pada tahun 2022.

Berikut adalah daftar CEO dengan gaji tertinggi di dunia:

1.   Tan Hock Eng (Hock E Tan)
CEO Broadcom Tan Hock Eng menjadi CEO dengan gaji tertinggi di dunia dengan penghasilan tahunan sebesar 161,83 juta dolar AS (Rp2,45 triliun). Pria kelahiran Malaysia ini telah memimpin Broadcom sejak 2006, dan merupakan lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT) dengan gelar sarjana teknik mesin serta MBA dari Universitas Harvard.

2.   Nikesh Arora
CEO Palo Alto Networks, Nikesh Arora, menerima gaji tahunan sebesar 151,43 juta dolar AS (Rp2,29 triliun). Dia telah menjabat sebagai CEO selama enam tahun dan sebelumnya memegang posisi di T-Mobile, Google, dan SoftBank Corp. Kekayaan bersihnya diperkirakan mencapai 1,5 miliar dolar AS pada tahun 2024.

3.   Sue Y Nabi
Sue Y Nabi, CEO Coty Inc, merupakan CEO dengan gaji tertinggi berikutnya, dengan total penghasilan 149,43 juta dolar AS (Rp2,26 triliun). Nabi, yang berasal dari Aljazair, memimpin portofolio merek luas Coty, termasuk Kylie Cosmetics dan Gucci. Dia sebelumnya bekerja di L’Oreal dan mendirikan lini perawatan kulit Orveda.

4.   Stephen Schwarzman
CEO dan ketua Blackstone Group, Stephen Schwarzman, mendapatkan gaji tahunan sebesar 119,78 juta dolar AS (Rp1,81 triliun). Dengan kekayaan bersih sebesar 37,8 miliar dolar AS, ia termasuk di antara satu persen orang terkaya di dunia. Schwarzman memulai karier bisnisnya pada usia 14 tahun dengan membuka usaha pemotongan rumput.

5.   Christopher L. Winfrey
Christopher L. Winfrey, CEO Charter Communications Inc., mengantongi gaji tahunan sebesar 89,07 juta dolar AS atau  setara Rp1,35 triliun. Meskipun Winfrey baru menyelesaikan tahun pertamanya sebagai CEO, ia telah terlibat dalam bisnis bernilai miliaran dolar ini sejak tahun 2010, saat ia bergabung sebagai Chief Financial Officer (CFO). (*)

 

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut