get app
inews
Aa Read Next : Serpong Tangsel Gempar! Tulang Manusia Ditemukan di Pinggir Tol Serpong

Saluran Air di Ciater Tangerang Selatan Tercemar Limbah, Dinas Lingkungan Cek Lokasi

Selasa, 01 Oktober 2024 | 18:59 WIB
header img
Limbah di Ciater Tangsel viral di media sosial. (Foto: Hambali) 

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Warga Ciater, Tangerang Selatan (Tangsel) resah, limbah pekat mengalir deras ke dalam saluran air yang mengarah ke pembuangan limbah, diduga berasal dari hasil pembuangan industri.

Pembuangan limbah ini menjadi viral di media sosial. Dalam pantauan di lokasi pada Senin sore (30/09/2024), limbah terlihat mengalir melalui lubang pembuangan dengan warna yang cukup pekat dan bercampur materi semen.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel menegaskan bahwa limbah industri tidak boleh dibuang langsung ke dalam saluran umum. Untuk memastikan adanya pelanggaran, pengawas akan melakukan pengecekan ke lokasi.

Pengawas Cek Lokasi

"Itu tidak boleh. Ini lokasi di mana? Biar staf pengawas cek ke lokasi dulu," kata Kepala Bidang Pengendalian, Pencemaran, dan Pengawasan Lingkungan (PPKL) DLH Kota Tangsel, Carsono.

Lokasi sekitar pembuangan berada dekat dengan area industri. Terlihat tumpukan material berupa pasir dan beberapa unit truk operasional di sekitar lokasi.

"Secara peraturan kita tidak memerbolehkan. Kita selalu mengawasi, hanya mungkin terjadi human error. Nanti kita kroscek dulu," ujar Reynold, salah seorang supervisor kawasan industri.

Reynold menambahkan bahwa pejabat dari DLH Kota Tangsel kerap rutin datang ke perusahaannya untuk berkoordinasi.

"Sering datang ke sini," ujarnya. (*)

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut