Logo Network
Network

Pintu Keberangkatan Umrah Akan Diperluas, Tak Hanya Terpusat Di Jakarta

Antara
.
Jum'at, 11 Maret 2022 | 21:43 WIB
Pintu Keberangkatan Umrah Akan Diperluas, Tak Hanya Terpusat Di Jakarta
Jamaah umrah Indonesia (Foto: MPI)

JAKARTA, iNews.Serpong.id - Pintu keberangkatan umrah Indonesia dari beberapa provinsi akan diperluas. Tujuannya agar jamaah yang berangkat tidak hanya terpusat dari Ibu Kota Jakarta.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Hilman Latief mengatakan kebijakan tersebut perlu dilakukan atas dasar tingginya animo masyarakat untuk beribadah umrah meski masih di tengah Covid-19. “Insya Allah dalam waktu dekat sudah banyak yang bisa menerbangkan (jamaah umrah). Kita juga usulkan dari Makassar, dari Medan, bisa berangkat sehingga tidak usah ke Jakarta,” kata Hilman di Aceh, Jumat (11/3/2022).

Dia menjelaskan, selama ini pemerintah masih menerapkan skema kebijakan satu pintu (one gate policy) untuk keberangkatan ibadah umrah sehingga seluruh jamaah dari setiap provinsi di Tanah Air harus berangkat menuju Arab Saudi dari Jakarta.

Pemerintah Indonesia mulai melepas jamaah ibadah umrah awal Januari 2022 setelah beberapa tahun terakhir tidak mengirim jamaah akibat wabah Covid-19. Hingga saat ini, kata Hilman, jamaah umrah asal Indonesia yang sudah berangkat ke Tanah Suci lebih dari 40.000 orang, sehingga perlu perluasan kebijakan satu pintu. “Alhamdulillah sudah lebih dari 40.000 orang jamaah umrah Indonesia. Jadi kebijakan satu pintu akan diperluas, ya,” kata Hilman. (*)

 

Editor : Burhan

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.