get app
inews
Aa Read Next : Oli Evalube Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan 1445 Hijriah

HIKMAH JUMAT : Persiapan Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan

Jum'at, 18 Maret 2022 | 07:23 WIB
header img
Tidak lama lagi umat Islam seluruh dunia akan kedatangan bulan yang agung yaitu bulan Ramadhan. (Foto : Ist)

PENULIS : Dr. Abidin, ST., M.Si.

(Dosen Universitas Buddhi Dharma & Ketua Umum Yayasan Bina Insan Madinah Catalina)

TIDAK lama lagi umat Islam seluruh dunia akan kedatangan bulan yang agung yaitu bulan Ramadhan. Kedatangan bulan Ramadhan sekaligus menandakan datangnya kewajiban melaksanakan ibadah shaum selama satu bulan penuh.

Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa bagi umat Islam. Oleh karenanya, Rasulullah Muhammad SAW, senantiasa mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangan bulan yang agung ini.

Berbagai amal ibadah banyak dilatih dan dibiasakan di bulan-bulan sebelum Ramadhan. Mengapa demikian? Karena Ramadhan adalah bulan dimana umat Islam memiliki kesempatan untuk memperoleh pahala yang sangat banyak dari setiap amal shalih yang dilakukannya.

Suka cita menyambut datangnya bulan Ramadhan, diisi dengan melaksanakan berbagai amal shalih dan aktivitas positif lainnya. Berbagai amal shalih dan aktivitas positif yang dapat dilakukan oleh seorang muslim dalam rangka persiapan menyambut datangnya bulan Ramadhan dapat diuraikan di bawah ini.

Melaksanakan Shaum Sunnah

Bagi yang memiliki kewajiban shaum qadha Ramadhan tahun sebelumnya, maka sebaiknya dituntaskan terlebih dahulu shaum qadhanya. Bagi umat Islam yang tidak memiliki kewajiban shaum qadha, maka dianjurkan untuk melaksanakan shaum sunnah di bulan-bulan lain di luar bulan Ramadhan.

Berbagai pilihan shaum sunnah dapat dilakukan, seperti Senin dan Kamis, ayyamul bidh (tanggal 13, 14, 15 di bulan-bulan kalender Hijriyah), shaum Nabi Daud (satu hari shaum, satu hari tidak), dan masih banyak lagi shaum sunnah lainnya. Terlebih lagi saat ini berada di bulan Sya’ban, bulan dimana Rasulullah SAW hampir setiap hari melaksanakan shaum sunnah.

Membiasakan Diri Tadarus Al-Qur’an

Bulan Ramadhan selain disebut syahrus shiyam, juga dikenal dengan nama syahrul Qur’an. Bulan Ramadhan adalah bulan dimana Al-Qur’an diturunkan sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an surat Al-Qadr ayat 1 yang artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan".

Terjadinya malam kemuliaan (lailatul qadr) adalah di bulan Ramadhan. Oleh karenanya, umat Islam banyak yang melakukan tadarus di bulan Ramadhan hingga mengkhatamkan Al-Qur’an.

Untuk itu, menjelang Ramadhan perlu dilakukan persiapan terkait dengan pemilihan waktu, jumlah ayat atau halaman yang dibaca, hingga Al-Qur’annya itu sendiri perlu disiapkan, agar rencana mengkhatamkan Al-Qur’an di bulan Ramadhan dapat direalisasikan.

Mengurangi Perilaku Buruk

Bulan Ramadhan adalah waktu dimana umat Islam dilatih untuk melakukan hal-hal baik dan aktivitas positif, mulai dari perkataan, sikap, perbuatan bahkan prasangka di dalam hati. Perilaku yang baik akan tumbuh seiring dengan dikuranginya perlaku buruk.

Hal ini tentu memerlukan latihan dan persiapan tersendiri, sehingga selama Ramadhan hingga seterusnya perilaku yang buruk semakin berkurang, dan perilaku yang baik semakin bertambah. Oleh karenanya, pembiasaan diri untuk mengurangi perilaku buruk dan berlatih melakukan perilaku yang baik, wajib dilakukan dari saat ini juga.

Mempersiapkan Harta

Selain ibadah shaum, shalat wajib dan tarawih, serta tadarus Al-Qur’an, masih banyak amal shalih lain yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah berbagi dengan sesama. Bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan yang difavoritkan oleh umat Islam untuk berbagi. Oleh karenya bulan Ramadhan dikenal juga dengan sebutan syahrul muwasah atau bulan berbagi.

Untuk dapat berbagi, maka memerlukan sejumlah harta. Memang bukan banyak atau sedikitnya harta yang menjadi ukuran utamanya, namun tetap saja harus dipersiapkan. Niat yang ikhlas karena Allah akan menjadi penentu kadar pahala sebagai pengganti dari harta yang kita bagikan.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut