get app
inews
Aa Read Next : Penting Asupan Nutrisi Ibu Hamil, Biar Anak Lahir Sehat dan Kuat

Stamina Terjaga Saat Berpuasa. Ini Caranya

Kamis, 31 Maret 2022 | 08:45 WIB
header img
Pola latihan meningkatkan stamina saat puasa. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.Serpong.id - Saat berpuasa, stamina perlu ditingkatkan. Bagaimana caranya? Berikut 3 pola latihan meningkatkan stamina saat puasa ramadan:

1. Mengurangi intensitas olahraga

Selama bulan puasa, Anda tetap bisa melakukan olahraga seperti biasa. Namun dengan menurunkan porsi olahraga. Ketika berpuasa, tubuh bekerja dengan asupan cadangan energi yang minimal dengan kadar gula dalam darah berada pada level rendah.

Setiap orang memiliki batasan turunnya gula darah masing-masing tergantung seberapa cukup cadangan gula dalam hati dan seberapa memadai asupan kalori selama sahur. Karena itu saat berpuasa tidak perlu melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, cukup melakukan fitnes dengan intensitas sedang. Selain itu Anda bisa menjaga stamina jika rutin berolahraga.

2. Asupan Nutrisi

Selama berolahraga, fisik membutuhkan tenaga dan kalori ekstra itu sebabnya penting untuk memperhatikan kebutuhan tubuh akan nutrisi yang baik. Anda harus memperbanyak asupan protein, serat, dan karbohidrat. Jangan lupa cukupi kebutuhan cairan tubuh pada malam sebelum berpuasa agar saat berpuasa di siang hari Anda terhindar dari dehidrasi.

Salah satunya bisa mengkonsumsi air kelapa, pisang, beras merah, kentang ataupun kurma untuk dikonsumsi selama puasa. Meskipun tergolong ringan, namun jenis makanan tersebut cukup memberikan asupan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa. Selain olahraga dan asupan nutrisi, kualitas tidur juga mempengaruhi aktivitas anda selama puasa. Pastikan Anda cukup tidur selama bulan Ramadan, terlebih jika Anda harus melakukan aktivitas selama berpuasa.

3. Jenis Olahraga

Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa seperti latihan beban dan latihan kardio. Kedua olahraga tersebut memiliki manfaat yang berbeda. Latihan kardio bisa membantu membakar semua kalori berlebihan yang Anda konsumsi saat berbuka dan sahur sehingga memungkinkan mengurangi lemak tubuh. Latihan beban akan membantu memanfaatkan semua asupan protein dan karbohidrat dalam pembentukan otot.

Itu tadi tiga pola latihan meningkatkan stamina saat puasa Ramadan. Selamat mencoba! (*)

 

Editor : Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut