Survei Ipsos: Bank Digital Makin Dipercaya untuk Transaksi Harian
JAKARTA, iNewsBSDCity.id - Ipsos Indonesia merilis hasil survei terbaru tentang kepercayaan masyarakat terhadap layanan bank digital.
Survei ini melibatkan 300 pengguna bank digital di Indonesia berusia 18-55 tahun, dengan tujuan memahami pola penggunaan dan aplikasi mana yang dianggap paling aman dan tepercaya.
Menurut data Bank Indonesia, transaksi bank digital terus tumbuh positif. Pada November 2024, transaksinya naik 40,1% (YoY). Proyeksi di 2025, pertumbuhan transaksi pembayaran digital diprediksi mencapai 52,3%. Hingga Juli 2025, pertumbuhannya sudah mencapai 45,3% (YoY).
Faktor utama yang mendorong pertumbuhan ini adalah kemudahan dan keamanan.
Survei Ipsos menunjukkan bahwa SeaBank menduduki peringkat pertama sebagai bank digital yang dianggap paling aman dan mudah untuk transaksi harian, dipilih oleh 47% responden. Diikuti oleh Bank Jago (30%) dan Neo Bank (27%).
Beberapa faktor kepuasan responden terhadap SeaBank adalah:
Pembayaran QRIS: 48% responden merasa puas, mengungguli Superbank (45%) dan Neo Bank (45%).
Transfer antar-bank gratis: 51% puas, diikuti Superbank (48%) dan Neo Bank (42%).
Top-up e-wallet: 53% puas, disusul Bank Jago (46%) dan Superbank (44%).
Interkoneksi dan keamanan: 53% puas, diikuti Bank Jago (45%) dan Allo Bank (41%).
Selain itu Gen Z dan Milenial Jadi Penggerak Utama
Survei ini juga menemukan bahwa Gen Z dan Milenial merupakan pengguna bank digital paling aktif, dengan rata-rata 1–10 kali transaksi per bulan. Aktivitas yang paling sering dilakukan adalah transfer, top-up e-wallet, pembayaran QRIS, menabung, dan pembayaran tagihan.
Hansal Savla, Managing Director Ipsos Indonesia, menyatakan bahwa kepercayaan dan kemudahan bertransaksi menjadi kunci penting. Ia menambahkan, peran generasi muda akan semakin dominan dalam membentuk ekosistem perbankan digital di Indonesia.
Metodologi Survei
Pelaksana: Ipsos Indonesia
Waktu: Tahun 2025
Metode: Survei daring melalui platform Ipsos Digital (Fast Facts)
Responden: 300 orang di seluruh Indonesia
Kriteria Responden: Pria dan wanita usia 18–55 tahun, pengguna internet aktif, pengguna e-commerce aktif, memiliki akun bank digital, dan menggunakannya minimal sekali sebulan.
Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta