get app
inews
Aa Read Next : Selalu Bikin Merinding, ini 5 Tempat Paling Angker di Jakarta

4 Tempat Angker di Kebun Raya Bogor, Nomor 3 Makam Istri Prabu Siliwangi

Rabu, 11 Mei 2022 | 06:55 WIB
header img
Pengunjung berwisata di Kebun Raya Bogor, Kamis (5/5/2022). Selain menyajikan pemandangan yang hijau dan suasana sejuk, Kebun Raya Bogor juga menyimpan cerita mistis. Foto: Antara

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Terdapat 4 tempat angker di Kebun Raya Bogor (KRB) . Konon di empat tempat itu kerap diselimuti suasana mistis.

Diketahui, KRB merupakan salah satu kebun raya yang ada di Indonesia. Berdiri pada 18 Mei 1817, KRB memiliki 12.531 koleksi tumbuhan di area seluas 87 hektare.

Selain menyajikan pemandangan yang hijau dan suasana sejuk, Kebun Raya Bogor juga menyimpan cerita mistis.

Berikut 4 tempat angker di Kebun Raya Bogor yang dihimpun dari berbagai sumber, Senin (9/5/2022):

1. Makam Belanda

Makam Belanda yang terdapat di area Kebun Raya Bogor sudah ada jauh sebelum KRB berdiri pada 1817. Kompleks makam di belakang Istana Bogor ini dikelilingi pohon-pohon bambu. Terdapat 42 makam di kompleks makam Belanda di mana empat di antaranya tidak memiliki identitas.

Dari deretan batu nisan yang ada, diketahui nisan yang paling awal adalah milik Cornelis Potmans yang wafat pada tahun 1784. Di tempat ini konon sering terlihat berbagai penampakan.

Penampakan tersebut berupa kucing yang menjelma menjadi harimau. Selain itu, ada pula penampakan kuntilanak dan sosok pria berbulu lebat. Tempat angker ini semakin mencekam dengan hadirnya suara-suara menyeramkan yang kerap terdengar.

Makam kuno Belanda. Foto: Dok SINDOnews

2. Kolam Gunting

Lokasi Kolam Gunting berada di belakang Istana Bogor atau dekat pintu masuk utama Kebun Raya Bogor. Dinamakan Kolam Gunting jika terlihat dari atas, kolam ini menyerupai bentuk seperti gunting dengan pulau kecil di tengahnya.

Pengunjung yang berada di sekitaran kolam akan menyaksikan kolam indah dengan air mancur dan bunga teratai merah muda. Walau memberikan kesan cantik, namun terdapat sebuah rumor tentang kemistisan tempat ini.

Di Kolam Gunting konon pernah ada penampakan sosok hitam dan besar yang merupakan penjaga kolam. Ada juga yang mengaku melihat ular berukuran sangat besar muncul dari dalam kolam lalu menghilang seketika.

Selain itu juga terdapat penampakan noni Belanda yang merupakan Lady Raffles, istri Thomas Stamford Raffles yang monumennya tak jauh dari kolam tersebut.


Kolam Gunting, KRB. Foto: Okezone

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut