get app
inews
Aa Read Next : 4 Tips Penting Harus Dilakukan saat Berkendara Terjadi Gempa Bumi

Lampung Dan Lombok Dilanda Gempa, BMKG: Keduanya Tidak Saling Picu

Rabu, 25 Mei 2022 | 13:18 WIB
header img
Gempa di Lampung dan Lombok Terjadi Bersamaan. (iNews.id)

JAKARTA, iNews.Serpong.id -  Gampa bumi melanda Lampung dan Lombok, Rabu (25/5/2022). Gempa terjadi bersamaan, namun keduanya tidak saling memicu. Gempa di Lampung berkekuatan magnitudo (M)5,1 terjadi pukul 04:18:18 WIB, di Lombok-Bali berkekuatan M4,4 dan terjadi pukul 04:18:56 WIB. 

“Pagi ini, Rabu, dua gempa terjadi secara bersamaan, di Liwa Lampung M5,1 dan di Lombok-Bali M4,4. Keduanya terjadi pada pukul 04.18 WIB,” kata Kepala Badan Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Daryono dikutip dari media sosial pribadinya, Rabu (25/5/2022). 

Daryono menegaskan, kedua gempa tidak saling picu. Hal itu terjadi karena konsekuensi zona seismik aktif dan kompleks. “Apakah keduanya saling picu? Tidak! itulah konsekuensi zona seismik aktif dan kompleks, memang sumber gempa kita sangat banyak,” tutur Daryono. 

Dari analisa BMKG, gempa M5,1 di Lampung menunjukkan episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 5.76 Lintang Selatan (LS) dan 103.73 Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 66 km Barat Daya Pesisir Barat, Lampung pada kedalaman 25 kilometer. Dampak gempa bumi ini juga dirasakan di wilayah Liwa dengan skala II-III (MMI), Pringsewu dan Tanggamus dengan skala II MMI. BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. 

Gempa M4,4 di Lombok-Bali berada di titik koordinat 9.50 LS,115.89 BT. Pusat gempa berada di 94 kilometer Barat Daya Lombok Barat, NTB. Kedalaman gempa 24 kilometer dan dirasakan di Denpasar, Lombok Barat II-III MMI, Mataram II MMI serta tidak berpotensi tsunami. (*)

 

Editor : Burhan

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut