get app
inews
Aa Read Next : 5 Cara Sederhana Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga

Mau Mengecilkan Perut? Ini Caranya

Senin, 06 Juni 2022 | 09:59 WIB
header img
Ilustrasi perut buncit. (Foto: Dok MPI)

JAKARTA, iNews.Serpong.id – Mengecilkan perut buncit perlu diperhatikan untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit. Menghilangkan lemak di perut bukan perkara mudah, namun tidak mustahil dapat dilakukan. Ini caranya, dilansir dari Healthline, Senin (6/6/2022).

1. Makan banyak serat larut 

Serat larut punya sifat menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan. Studi menunjukkan, jenis serat yang satu ini meningkatkan penurunan berat badan dengan membuat gampang kenyang, sehingga secara alami makan lebih sedikit. Serat larut yang direkomendasikan seperti alpukat, kubis brussel, blackberry, kacang polong, mie shirataki, hingga biji rami.  

2. Hindari makanan yang mengandung minyak trans 

Cara mengecilkan perut buncit dengan menghindari makanan yang mengandung minyak trans. Lemak trans dibuat dengan memompa hidrogen menjadi lemak tak jenuh. Minyak trans banyak dijumpai pada margarin. Lemak jenis ini bukan hanya bikin perut buncit bertahan lama, tapi juga berkaitan dengan masalah peradangan, penyakit jantung, hingga resistensi insulin. 

3. Jangan minum alkohol berlebihan 

Penelitian menunjukkan, terlalu banyak alkohol bisa membuat perut buncit. Dengan mengurangi minum alkohol, dapat membantu mengurangi ukuran pinggang. Mereka yang minum alkohol setiap hari, kurang dari segelas per hari, memiliki lemak perut lebih sedikit dibandingkan mereka yang minum alkohol berlebihan. 

4. Konsumsi makanan tinggi protein  

Konon protein memiliki nutrisi yang sangat penting untuk manajemen berat badan, termasuk di dalamnya mengurangi lemak di perut buncit. Asupan protein yang cukup membuat seseorang mudah kenyang. Ini membuat makanan yang dimakan lebih terkontrol. Protein yang direkomendasikan seperti ikan, telur, kacang polong, hingga daging dan protein whey.  

5. Kurangi stres  

Stres bukan hanya menimbulkan masalah pada asam lambung, tapi juga secara spesifik bisa membuat perut buncit bertahan lama. Stres dapat membuat seseorang bertambah gemuk dan memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol. Kadar kortisol yang tinggi akibat stres meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak di perut bertahan lebih lama. 

6. Batasi asupan makanan atau minuman manis 

Gula mengandung fruktosa yang dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis jika dikonsumsi berlebihan. Masalah seperti diabetes tipe 2, obesitas, hingga penyakit hati berlemak risiko dari konsumsi gula berlebihan. Konsumsi gula yang terlalu banyak membuat perut buncit atau mempertahankan perut buncit dalam waktu lama. Oleh karena itu, batasi asupan manis harian bila ingin perut buncit hempas dan digantikan dengan lingkar perut yang lebih ideal.  

7. Olahraga (aerobik)  

Olahraga, khususnya aerobic, direkomendasikan untuk mengecilkan perut buncit. Olahraga aerobik dianggap paling efektif untuk mengurangi lemak perut, tapi hasilnya sangat bergantung dari seberapa rutin berolahraga hingga gerakan yang dipilih.  

8. Perbanyak tidur nyenyak 

Tidur bukan sekadar aktivitas leha-leha. Tidur yang berkualitas di malam hari bisa mengontrol lemak di perut. Ini sudah terbukti secara ilmiah. Satu studi pernah dilakukan yang melibatkan 68.000 wanita, mereka yang tidur kurang dari 5 jam per malam secara signifikan lebih mungkin menambah berat badan daripada mereka yang tidur 7 jam atau lebih per malam.  

Begitulah cara mengecilkan perut buncit. Mana yang paling cocok, bergantung dari kondisi kesehatan. Lebih dari itu, diperlukan ketekunan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. (*)

Editor : Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut