get app
inews
Aa Read Next : Diluar Umrah, Arab Saudi Kenalkan Pariwisata Ikonik

Cuaca Arab Saudi Panas, Jemaah Haji Diminta Bawa Bekal Kurma Saat Kelelahan

Rabu, 08 Juni 2022 | 19:53 WIB
header img
Jemaah haji diminta bawa bekal kurma untuk menambah nutrisi. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar mengingatkan jemaah haji asal Indonesia di Tanah Suci untuk membawa bekal kurma dan air. Sebab Arab Saudi tengah mengalami musim panas dengan suhu rata-rata 40 sampai 44 derajat Celsius.

“Bawa bekal sedikit kurma sehingga saat kelelahan, asupan nutrisinya dapat membantu menambah tenaga. Dan kurangi melakukan aktivitas yang tidak diperlukan untuk menghemat tenaga,” kata Muhaimin di Jakarta, Rabu (8/6/2022).

Dia juga meminta jemaah haji menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat. Jemaah juga harus selalu minum air untuk mencegah dehidrasi.

"Saya secara pribadi mengimbau jemaah haji untuk selalu waspada. Jaga pola makan dengan baik dan perhatikan kebutuhan air minum untuk mencegah dehidrasi selama beribadah,” kata dia.

Terkait dengan adanya cuaca ekstrem, dia meminta Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk melakukan langkah antisipasi terhadap segala kemungkinan yang terjadi kepada jemaah haji Indonesia.

“Saat ini cuaca ekstrem sedang terjadi di Tanah Suci, Kita harus menjaga keselamatan masyarakat yang menjalankan Ibadah Haji. Pemerintah dan Panitia Penyelenggara Ibadah haji (PPIH) perlu selalu memantau setiap pergerakan jemaah calon Haji di Tanah Suci,” tuturnya.

Selain itu, menurut dia, panitia haji untuk menyiapkan sarana medis yang memadai, sekaligus pemondokan strategis dengan fasilitas yang layak. Muhaimin menyebut, asupan makanan bagi para jemaah Haji harus memenuhi standar nutrisi yang baik.

“Kondisi kesehatan para jemaah calon haji harus selalu diperhatikan oleh panitia haji agar mereka dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk,” katanya. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut