Logo Network
Network

Galeri Kampung Mantap Betul Jadi Wahana Wisata Edukasi

syahrir rasyid
.
Senin, 06 Desember 2021 | 08:37 WIB

SERPONG CITY, iNewsSerpong.id - Galeri Kampung Mantap Betul telah menerima kunjungan dari Sekolah Pendidikan Usia Dini (PAUD) Pelangi dan Citra Lestari di Kabupaten Tangerang. Galeri Kampung Mantap Betul salah satu sarana untuk mengedukasi anak-anak guna cinta dan peduli terhadap kelestarian lingkungan.

Kampung Mantap Betul merupakan desa binaan yang diinisiasi Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk, dan menjadi salah satu program corporate social responsibility (CSR) di bidang lingkungan dan ekonomi kemasyarakatan. Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan wisata edukasi lingkungan melalui pengenalan jenis-jenis tanaman buah dan sayur, pada akhir November lalu.

Pendidikan lingkungan merupakan pembelajaran penting untuk anak-anak usia dini, hal ini perlu terus dilakukan guna memupuk rasa cinta dan peduli terhadap kelestarian lingkungan.

"Kami berharap, ke depannya Kampung Mantul dapat menjadi wahana rekreasi edukasi, khususnya dalam pengembangan pertanian, peternakan, penghijauan, dan pengelolaan sampah bagi siswa/siswi dan masyarakat umum,” ungkap Kepala CSR BSD, Sinar Mas Land, Maria Chatarina Octaviana SP.

Pada kunjungan kali ini, anak-anak PAUD dibekali materi belajar dan mengamati secara dekat proses pembibitan tanaman, pemeliharaan tanaman, serta melakukan kegiatan penanaman dan memanen sayur. Dari kegiatan tersebut, anak-anak bereksplorasi dan belajar merawat lingkungan serta alam dari sejak dini.

Wisata edukasi atau kunjungan seperti ini memberikan banyak manfaat bagi siswa dan juga masyarakat sekitar. "Bagi murid yang berkunjung bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang baik serta dapat juga membantu mensejahterakan para petani setempat di Kampung Mantul ini,” papar Supendi Akbar S.Pd. selaku narasumber Kampung Mantul dan Penggerak Lingkungan Ranca Kebo.

Mantap Betul adalah singkatan dari mandiri, tahan pangan, peduli lingkungan, bersih, tanggap, dan unggul telah secara aktif mendukung pemberdayaan kampung seperti budidaya pertanian, pengelolaan sampah berbasis masyarakat, peternakan, penghijauan, dan estetika lingkungan, serta kearifan lokal melalui UMKM sesuai dengan kebutuhan warga di wilayah binaan.

Galeri Kampung Mantul diresmikan pada Desember 2020 lalu, serta dibangun di dua lokasi yakni di Kampung Ranca Kebo, Kabupaten Tangerang dan di Kampung Dadap Timur, Kota Tangerang Selatan. (*)

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini