Logo Network
Network

Phinisi FC Menjadi Lem Perekat Perantau Asal Sulawesi Selatan

Nurdin R Radin
.
Kamis, 23 Februari 2023 | 09:16 WIB

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Membangun hubungan silaturrahmi sesama perantau bisa dilakakukan dengan berbagai cara. Salah satunya melalui sebuah klub sepak bola. Itulah yang mendasari lahirnya sebuah klub sepak bola bernama Phinisi Football Club (FC).

Mendengar nama klub tersebut sudah terbayang dari mana asal perantau yang berhimpun dibawah Phinisi FC itu. Mereka adalah para perantau asal Sulawesi Selatan, khususnya yang ada di wilayah Jabodetabek.

"Phinisi FC menjadi lem perekat di antara para perantau dari Sulawesi Selatan, terutama yang berdomisili di Jabodetabek," ungkap Nakhoda Phinisi FC, Harun Arsyad ketika berkunjung ke kantor redaksi iNewsSerpong, awal pekan ini.

Akhir Februari Bertandang ke Makassar

Harun menuturkan, Phinisi FC yang lahir tiga tahun sebelum pandemi Covid-19 dibentuk sebagai forum kangen-kangenan di antara warga Jabotabek asal Sulawesi Selatan. "Supaya ada alasan bertemunya maka harus ada aktivitas. Nah, aktivitas itu dalam bentuk bermain sepak bola," jelasnya.

Karenanya, jangan heran kalau Phinisi FC itu beranggotakan para perantau yang sudah berumur tapi memiliki hobi yang sama adalah sepak bola. "Jadi bermain sepak bola itu adalah atas nama untuk berkumpul," jelasnya.

Yang menariknya, kalau sudah di lapangan tentu dengan pakaian seragam yang lengkap, namun obrolannya bukan seputar permainan sepak bola lebih masalah kampung halaman.

Selain itu, di lapangan terdapat berabagi penganan atau kue-kue khas Bugis-Makassar. Sebab sudah menjadi tradisi tidak tertulis bila hadir di lapangan sepak bola ada saja yang bawa kue-kue. "Hanya sukarela saja untuk dinikmati bersama, seperti jalangkote," jelas Harun.

Akhir Februari ini, Phinisi FC akan bertandang ke Makassar, sejumlah klub di sana siap menghadapi pasukan yang sudah berumur ini. "Kita silaturrahmi melepas kangen di kampung halaman," ujar Harun dengan nada penuh semangat. (*)  

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini