Logo Network
Network

Pembayaran Cashless hingga Berbasis Aplikasi, Inovasi Transportasi Kota Tangerang

M Bakhrun
.
Selasa, 31 Oktober 2023 | 05:00 WIB

Pemkot Tangerang hadirkan sistem transportasi yang nyaman dan aman bagi masyarakat. Pembayaran cashless (tanpa uang tunai) seperti QRIS. (Foto : Pemkot Tangerang)

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menghadirkan sistem transportasi yang nyaman dan aman bagi masyarakat. 

Melaui Bus Rapid Transit (BRT) Tangerang Ayo (Tayo), dan angkutan umum Si Benteng, tarif sebesar Rp2.000 ber AC.

Selain itu, Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, mengungkapkan masyarakat juga diberi kemudahan dalam pembayaran melalui Tap on Bus (TOB), menggunakan berbagai kartu uang elektronik dan pembayaran via QRIS.

Bisa Gunakan QRIS

Cukup menggunakan pembayaran cashless (tanpa uang tunai), seperti QRIS, kartu e-money, atau TOB diantaranya Flazz BCA, BRI, BNI, Mandiri, BJB Banten.

Ini semua agar masyarakat dapat merasakan keamanan, kenyamanan, dan kemudahan, dalam penggunaan transportasi di Kota Tangerang.

"Ditambah lagi dengan Aplikasi Trans Tangerang untuk mengetahui posisi bus sehingga kita nggak perlu lama-lama nunggunya,” ujar Arief, Minggu (29/10/2023). 

Langkah ini, lanjut Arief, selain mengurangi kepadatan lalu-lintas, tentunya yang tak kalah penting yaitu mengurangi emisi dari kendaraan yang dapat mengakibatkan polusi udara.

“Bus Tayo dan Si Benteng ini, tak lain untuk memudahkan masyarakat, supaya makin nyaman, aman dalam menggunakan transportasi publik. Dan tentunya, mengurangi kepadatan kendaraan juga mengurangi polusi lingkungan,” ucapnya, sebagaimana dipublikasi Pemkot Tangerang.

Sebagai informasi, armada transportasi terdiri dari 80 Angkot Si Benteng dan 40 Bus Tangerang Ayo (Tayo). Masing-masing memiliki rute yang berbeda, namun dengan waktu yang sama setiap hari dimulai dari pukul 05.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Tayo Memiliki 4 Rute

* Poris Plawad - GOR Jatiwung - Jatake

* Poris Plawad - Cibodas

* Ciledug - Tangerang City

* Cadas - Pintu masuk M1 Bandara Soetta

Si Benteng Memiliki 9 Rute

* Gandasari - Gajah Tunggal

* Gajah Tunggal - Kampung Ledug

* Taman Cibodas - Situ Bulakan

* Terminal Cimone - Pasar Lama

* Perumahan BTN Pasir Jaya - GOR Ganda Sari

* Terminal Cimone - Koang Jaya

* Terminal Cimone - Jalan Dipati Unus - Jalan Ganda Sari

* Terminal Cimone - GOR Pabuaran Tumpeng

* Kavling Perkebunan Raya - RS Melati

Tak hanya itu, Masyarakat juga bisa menikmati berkeliling Kota Tangerang secara gratis menggunakan Bus Jawara setiap hari mulai dari pukul 15.30 WIB hingga 18.00 WIB. Pemkot memilki 6 Bus Jawara dengan kapasitas 32 kursi

Rute Bus Jawara

Taman eletrik Puspem - Jalan Veteran - Taman Burung - Kawasan kuliner Laksa Tangerang - Taman Potret - Taman Gajah Tunggal - Kampung Bekelir - Jalan Otista - KS Tubun - Jembatan Berendeng - Taman pramuka dan kembali ke Taman elektrik. (*)

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini