Logo Network
Network

Mobil Listrik KX-Upgrade dan K-Kooper Rebut Pemesanan 76 Unit, Bakal jadi Pesaing Wuling Air ev?  

Dani M Dahwilani
.
Selasa, 14 November 2023 | 08:42 WIB

Kurnia Motors telah membukukan 76 unit pemesanan pada dua model kendaraannya, yaitu K-Upgrade dan K-Kooper. (Foto : iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Dua model kendaraan listrik K-Upgrade dan K-Kooper telah dipesan sebanyak 76 unit. Demikian diumumkan Kurnia Motors distributor mobil listrik asal China.

Dari jumlah tersebut, 10 unit sudah berhasil diserahkan kepada konsumen. General Manager Kurnia Motors, Rivaldi, menyatakan bahwa pemesanan ini terjadi sejak Mei 2023 ketika keduanya pertama kali diperkenalkan.

Menurut Rivaldi, penjualan didominasi model K-Kooper sebanyak 60 persen, sisanya berasal dari model KX-Upgrade. Konsumen terbanyak berasal dari berbagai daerah, termasuk Makassar dan Medan, yang mendapatkan pengiriman kendaraan tersebut.

Pengiriman Tepat Waktu

Rivaldi juga mengungkapkan bahwa target pengiriman selanjutnya adalah 30 unit, dengan harapan agar pengiriman dapat dilakukan tepat waktu.

Dia menambahkan bahwa kendaraan listrik dengan baterai lithium-ion memiliki keterbatasan space di kapal, dan spesifikasi khusus kapal diperlukan untuk mengangkut baterai lithium-ion karena kondisi panas.

Model KX-Upgrade yang saat ini dijual Kurnia Motors memiliki tiga tipe, yaitu Standard, Plus, dan Hyper, harga mulai dari Rp99 juta hingga Rp199 juta. Model K-Kooper juga tiga tipe dengan harga mulai dari Rp96 juta hingga Rp195 juta on the road Jakarta.

Harga kendaraan ini terbilang lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil listrik dari merek China lainnya, seperti Wuling Air EV dan DFSK Seres E1. Air EV dijual mulai dari Rp206 juta hingga Rp299,5 juta, sementara Seres E1 dijual mulai dari Rp189 juta hingga Rp219 juta.

Di samping itu, penjualan mobil listrik terus berkembang di Indonesia, terutama di kalangan masyarakat yang mulai beralih dari kendaraan berbahan bakar bensin ke kendaraan listrik.

Alasan utama adalah biaya operasional yang lebih rendah. Sebagai contoh, Nano Praksa Oktaviano, seorang pemilik kendaraan listrik, menyatakan bahwa biaya bulanan kendaraan listrik lebih murah daripada kendaraan bensin. Dia juga menyoroti manfaat pajak yang lebih rendah untuk kendaraan listrik. (*)

 

Artikel ini pertama kali diterbitkan di www.inews.id dengan judul "Saingi Air EV, Mobil Listrik KX-Upgrade dan K-Kooper Rebut Pemesanan 76 Unit". Untuk membaca lebih lanjut, kunjungi https://www.inews.id/otomotif/mobil/saingi-air-ev-mobil-listrik-kx-upgrade-dan-k-kooper-rebut-pemesanan-76-unit/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat: https://www.inews.id/apps.

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini