Logo Network
Network

Cahaya Foundation Terima Wakaf 3 Unit Ambulans, Pengunaan Prioritas Penderita Stroke

Bakhrun, Choirullah
.
Minggu, 10 Desember 2023 | 08:11 WIB

Wakaf tiga unit ambulans dari Keluarga Tjatur Dharmanto diserahkan kepada Cahaya Foundation, lembaga sosial kemanusiaan yang fokus pada pendampingan pasien. (Foto: Cahaya Foundation)

 

BEKASI, iNewsSerpong.id - Cahaya Foundation telah menerima wakaf 3 unit Daihatsu Luxio yang sudah diubah menjadi ambulans. Wakaf ambulans itu diserahkan Rofi Aulia Ghaisan Purnomo mewakili Keluarga Tjatur Dharmanto.

Penyerahan ambulans itu kepada Cahaya Foundation sebuah lembaga sosial kemanusiaan yang fokus pada pendampingan pasien, berlangsung di DeVinz Cafe & Resto, Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Sabtu (9/12/2023).  

Dengan demikian, ambulans Cahaya Foundation  kini terdapat 4 unit ambulans baru dari jajaran armada ambulans yang ada. Ambulans tersebut difokuskan untuk melayani masyarakat Bekasi dan Yogyakarta yang terkena stroke.

Prioritas Penderita Stroke

"Donatur sepenuhnya menyerahkan penggunaan ambulans diatur Cahaya Foundation," ungkap Eko Prasetyo, Ketua Yayasan Cita Sahabat Mulya, yang lebih dikenal dengan nama Cahaya Foundation.

Sebagai informasi, Cahaya Foundation terhubung dengan Yayasan Stroke Indonesia (Yastroki) dan Komunitas Rehabilitasi Stroke Holistik Nusantara (Kreshna).

"Jadi prioritas penggunaan ambulans untuk mereka yang mengalami stroke, selain pasien dengan penyakit lainnya," ujarnya.


Ketua Umum Yastroki, Mayjen (purn) Dr dr Tugas Ratmono, Sp.S, MARS, MH (ketiga dari kanan) turut menyaksikan penyerahan wakaf tiga unit ambulans kepada Cahaya Foundation. (Foto: Cahaya Foundation)
 

Sementara itu, Ketua Umum Yastroki, Mayjen (purn) Dr dr Tugas Ratmono, Sp.S, MARS, MH,  mengajak semua orang untuk bergandengan tangan melawan stroke.

"Caranya, mencari informasi tentang stroke dan penanganannya dari awal hingga tahap rehabilitasi pasca-serangan, karena stroke merupakan penyebab utama kematian di Indonesia," papar Tugas Ratmono.   

Selain itu, Tugas Ratmono juga memperkenalkan Stroke Helper untuk memberikan edukasi dan informasi tentang gejala stroke serta membantu pasien menuju rumah sakit yang memiliki fasilitas untuk menangani stroke.

Komponen penting dalam penanganan stroke adalah ambulans yang terhubung dengan rumah sakit dan relawan terdekat untuk mengurangi risiko kematian atau cacat permanen akibat stroke. (*)

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini