Logo Network
Network

Isi Daya Baterai Rp60 Ribu, Jajal Mobil Listrik Neta V dari Semarang ke Jakarta

Ismet Humaedi
.
Senin, 18 Desember 2023 | 10:32 WIB

Test drive Neta V dari Semarang ke Jakarta, isi daya baterai hanya Rp60 ribu. (Foto: iNews.id) 

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Neta V sudah hadir dijalanan sejak diperkenalkan pada Oktober 2023, salah satu pesaing dalam tren kendaraan listrik di Indonesia.

PT Neta Auto Indonesia mengajak sejumlah jurnalis, termasuk tim iNews.id, untuk melakukan uji coba pada produk pertama mereka. Mengevaluasi kinerja mobil listrik ini dari Semarang menuju Jakarta, pada Kamis (14/12/2023).

Tim jurnalis memulai perjalanan test drive Neta V dari Hotel Aruss, Jatingaleh, Semarang, Jawa Tengah. Rombongan menempuh perjalanan sejauh 432 kilometer hingga titik finish di dealer Neta Tebet, Jakarta Selatan.

Warna yang Mencolok

Sebelum berangkat, baterai mobil telah diisi penuh dan perjalanan dimulai pukul 10.45 WIB.

Dengan tiga penumpang termasuk sopir, Neta V diujicobakan di jalan tol Jatingaleh dengan kecepatan rata-rata 60-70 km/jam. AC diatur pada putaran kipas 1 dan suhu 23 derajat Celsius untuk menjaga kenyamanan di kabin.

Perjalanan dilanjutkan menuju jalur tol Trans Jawa. Para peserta uji coba melakukan berbagai strategi, seperti menjaga kecepatan ideal dan mematikan AC sepanjang perjalanan.

Namun, tim iNews.id memilih untuk menjalankan mobil dengan kondisi seperti penggunaan sehari-hari, termasuk menyalakan pendingin ruangan.


Warna Neta V mencolok. (Foto: iNews.id)
 
 
Selama perjalanan dari Semarang hingga masuk tol Trans Jawa, Neta V menarik perhatian pengguna jalan lainnya dengan warnanya yang mencolok.

Beberapa pengguna jalan melambatkan laju kendaraan mereka untuk melihat mobil listrik pink yang kami gunakan, bahkan beberapa dari mereka mengabadikan momen tersebut dengan kamera ponsel.

Pada perjalanan jarak jauh menggunakan mobil listrik, kekhawatiran terhadap kemungkinan kehabisan daya di tengah jalan memang menjadi pertimbangan.

Namun, di beberapa Rest Area di Tol Trans Jawa, sudah terdapat Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Kami memutuskan untuk mengisi ulang baterai di Rest Area KM 229B, Tol Kanci-Pejagan, Kabupaten Cirebon. Saat itu, baterai Neta V tersisa 50 persen setelah menempuh jarak 198,7 km. Pengisian daya berlangsung selama 1 jam dengan biaya Rp60.577, termasuk biaya administrasi.

Perjalanan dilanjutkan ke Jakarta dengan AC pada posisi kipas 5 dan suhu 19 derajat Celsius. Neta V diajak berakselerasi dengan kecepatanrata-rata 80-100 km/jam.

Selama perjalanan, tidak ada kendala signifikan yang dirasakan, termasuk dari segi kenyamanan tempat duduk, suhu kabin, dan fitur-fitur lainnya.

Kami memutar musik melalui koneksi Bluetooth ke smartphone untuk mengurangi kebosanan, dan kualitas audio yang dihasilkan mobil ini cukup memuaskan. Suara sistem audio dari mobil ini terasa nyaman didengar.


Kemudi Neta V. (Foto: iNews.id)
 

Perjalanan test drive Neta V selesai di dealer Neta Arista Tebet pukul 19.25 WIB. Meskipun tim kami berangkat belakangan, kami berhasil menempati posisi kedua. Konsumsi baterai sejak isi ulang di KM 229B hingga finish adalah 43 persen dengan total perjalanan sejauh 432,9 km.

Biaya yang dikeluarkan untuk menempuh jarak tersebut hanya Rp 60.577 saat mengisi daya di KM 229B Cirebon, sementara biaya tol dari Semarang ke Jakarta totalnya sebesar Rp 424.500.

Jadi, total biaya perjalanan kami dari Semarang ke Jakarta adalah Rp 486.077. Mobil listrik ini memiliki rata-rata konsumsi daya sekitar 10.0 kWh/100 km, yang berarti 1 kWh untuk menempuh jarak 10 km.

Terlihat tren mobil listrik akan terus berkembang dengan biaya yang terbilang efisien dan fitur-fitur yang tak kalah dengan mobil konvensional. Untuk harga, Neta V ditawarkan dengan banderol Rp379 juta on the road Jakarta. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Jajal Mobil Listrik Neta V dari Semarang ke Jakarta, Isi Daya Baterai Hanya Rp60 Ribu ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/jajal-mobil-listrik-neta-v-dari-semarang-ke-jakarta-isi-daya-baterai-hanya-rp60-ribu/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini