Tahukah Anda, Ini Perbedaan Kurban dan Akikah? Utama Mana?

Rizki Setyo Nugroho/SEO
Apa Saja Perbedaan Kurban dan Akikah? Lebih Utama Mana? (Foto: MNC Media)

Sebenarnya, kurban dan akikah sama-sama menggunakan hewan ternak untuk disembelih. Namun, akikah lebih identik dengan kelahiran anak. Sedangkan kurban lebih identik dengan perayaan Hari Raya Idul Adha.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa perbedaan kurban dan akikah yang perlu Anda ketahui:

Pengertian Kurban dan Akikah

Melansir dari laman resmi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), akikah adalah sebuah proses penyembelihan hewan ternak yang dilakukan sebagai pernyataan syukur oleh orang tua atas kelahiran seorang anak. 

Sedangkan kurban adalah proses penyembelihan hewan kurban untuk dipersembahkan kepada Allah SWT. Yang termasuk ke dalam hewan kurban antara lain unta, sapi, domba, dan kambing

Akikah memiliki dasar dalil dari Samurah dari Nabi Salallahu Alaihi Wassalam, beliau bersabda, “Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya, maka hendaklah disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, dicukur rambutnya, dan diberi nama” (HR Ibnu Majah).

Sedangkan kurban memiliki dasar dalil yang terdapat dalam Quran Surat Al-Kautsar Ayat 2 yang artinya: “Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah”.

Tujuan Kurban dan Akikah

Dari pengertian di atas, kedua ibadah ini memang memiliki tujuan yang berbeda. Akikah dilakukan untuk menyambut kelahiran seorang anak ke dunia, sekaligus sebagai tanda syukur kepada Allah SWT.

Sedangkan kurban dilakukan untuk memperingati pengorbanan Nabi Ismail AS yang merupakan anak dari Nabi Ibrahim AS. 

Waktu Pelaksanaan Kurban dan Akikah

Waktu pelaksanaan dari kurban dan akikah juga berbeda. Akikah pada umumnya dilaksanakan di hari ketujuh kelahiran seorang anak dan dibarengi dengan pencukuran rambut anak tersebut.

Sedangkan ibadah kurban dilakukan pada setiap tahun pada perayaan Hari Idul Adha 10 Dzulhijjah dan di hari tasyrik pada 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. 

Pembagian Daging dalam Kurban dan Akikah

Perbedaan kurban dan akikah yang terakhir terletak pada pembagian daging. Daging hasil sembelihan akikah bisa dibagikan ke siapa saja. Sedangkan untuk daging kurban wajib dibagikan kepada fakir miskin.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa daging kurban dibagi menjadi tiga, yaitu bagian untuk yang berkurban dan keluarga, bagian untuk fakir miskin, dan lagi untuk disimpan. 

Itulah beberapa perbedaan kurban dan akikah yang perlu Anda ketahui.

 

 

Editor : A.R Bacho

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network