7 Sungai Paling Angker di Indonesia, Mengerikan Banyak Cerita Mistis

Sintia Putri Balqis
Sungai paling angker di Indonesia, salah satunya Sungai Musi di Sumatera Selatan. (Foto: Fransiskatya)

4. Sungai Siak

Berada di Provinsi Riau, Sumatera memiliki peran penting bagi masyarakat setempat. Sungai terbagi menjadi tiga anak sungai utama yaitu, Tapung Kiri dan Tapung Kanan yang berada di hulu bermuara. Satu anak sungainya lagi, yaitu Sungai Manadu. 

Sungai yang memiliki tiga anak sungai ini menyimpan misteri di dalamnya. Cerita misteri pertama yang beredar tentang kemunculan ikan duyung dan seekor hewan, seperti naga ke permukaan lalu menghilang. 

Warga sekitar mempercayai, kemunculan hewan tersebut merupakan bentuk perwujudan dari makhluk halus.

Cerita lain tentang sungai ini, kemunculan sosok raja yang mendiami rumah di pinggir sungai. Rumah Tuan Kadi namanya. Dengan bangunan khas Melayu, rumah ini tidak berpenghuni, hanya ada penjaga yang bekerja karena rumah tersebut sebagai cagar budaya. Konon sosok raja menampakkan diri di sana.

Cerita terakhir tentang Sungai Siak yaitu kemunculan sepasang buaya putih sering. Menjadi sosok yang muncul dan mendiami sungai-sungai dan menjadikan sungai tersebut angker karena dianggap bahwa buaya tersebut merupakan sosok siluman. 

5. Sungai Kapuas

Disebut juga Sungai Kapuas Buhang, merupakan sungai yang berada di Kalimantan Barat. Sungai ini menjadi sungai terpanjang di Pulau Kalimantan dan sungai terpanjang di Indonesia. Panjangnya mencapai 1.143 kilometer. 

Cerita mistis yang terkandung dalam sungai ini sudah melegenda dan diyakini masyarakat sekitar. Konon, dalam legenda menyebutkan, naga dan buaya menghuni sungai ini. 

Sumber lain menyebutkan, Sungai Kapuas dihuni oleh makhluk misterius bernama Puake. Diyakini, puake sebagai penjaga Sungai Kapuas. 

Wujud Puake sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Ada yang bicarakan, Puake berwujud buaya putih dan ular raksasa, namun ada pula yang beranggapan lain. 

Dikisahkan, Puake sering muncul ke permukaan untuk mengingatkan kepada orang agar mengadakan ritual. Puake dipercaya tidak mengganggu manusia, namun ada yang beranggapan puake bisa meminta tumbal pada waktu tertentu. 

6. Sungai Progo

Biasa disebut Kali Progo oleh warga sekitar, merupakan sungai besar yang melintasi Kota Yogyakarta. Alirannya seluas 2.380 kilometer. Banyak kisah misteri yang tersimpan di Kali Progo ini.

Cerita misteri paling populer, yakni kemunculan suara gamelan di malam hari. Suara gamelan tersebut muncul secara misterius dari Sungai Progo. Tak ada yang tahu pasti dari mana asal suara gamelan tersebut. 

Selain gamelan, munculnya suara ramai manusia dari Sungai Progo juga sering terdengar. Penduduk yang tinggal disekitar sering mendengar suara ramai dan riuh manusia pada tengah malam. 

Suara tersebut berasal dari sungai. Mereka meyakini, suara tersebut merupakan makhluk halus yang menghuni kawasan sungai. 

Yang menarik dari Sungai Progo dijadikan jalur penghubung Laut Selatan dan Gunung Merapi. Hulu sungai berada di Gunung Merapi dan hilirnya di Laut Selatan. 

Banyak yang meyakini bahwa sungai ini jalur lintas para penunggu Gunung Merapi dan penunggu Pantai Selatan.

7. Sungai Bogowonto

Terletak di Purworejo, Jawa Tengah. Hulu Sungai Bogowonto berada di Gunung Sumbing. Konon dikisahkan, sungai ini menyimpan misteri penangkapan Pangeran Diponegoro. 

Pada sungai inilah, Pangeran Diponegoro ditangkap Belanda. Tak hanya itu, sungai ini juga berkaitan erat dengan kepercayaan masyarakat jawa kuno yang beranggapan bahwa Nyi Blorong dan Nyi Roro Kidul mendiami dan menguasai Pantai Selatan.

Itulah deretan sungai paling angker di Indonesia. Cerita mengerikan itu dipercaya masyarakat setempat.

(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.

Artikel Terkait

BERITA POPULER +
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network