33 Persen Pasien di Indonesia Alami Long Covid-19, Apa Saja Gejalanya?

Kevi Laras Wana
33 persen pasien Covid-19 di Indonesia mengalami long Covid. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sebagian pasien di Indonesia mengalami kondisi long Covid-19 pasca terinfeksi virus. Hal itu diungkapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Kemenkes menyebut, sekitar 33 persen pasien Covid-19 di Indonesia mengalami long Covid-19. Data ini disampaikan oleh Juru Bicara Kemenkes dr Mohammad Syahril.

Sebagaimana diketahui, long Covid-19 atau Covid-19 berkepanjangan merupakan istilah medis. Ini adalah kondisi di mana pasien atau seseorang yang sebelumnya positif Covid-19 dan dinyatakan negatif tetapi masih merasakan beberapa gejala.

"Long Covid merupakan istilah medis bagi seseorang yang sudah sindromic. Jadi long Covid-19 sudah tidak positif lagi, PCR negatif, di Indonesia ada datanya sekitar 33 persen," kata dr Syahril belum lama ini.

Ada beberapa gejala long Covid-19 yang dapat dirasakan pasien. Dua gejala yang dialami pasien long Covid-19 di antaranya sesak napas dan diare.

Kedua gejala tersebut ditemui pada pasien yang mengalami long Covid-19. Meskipun sebelumnya tidak mengalami apa-apa atau tanpa gejala.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network