Waspadai Kenaikan Curah Hujan Selama Oktober

Binti Mufarida
Ilustrasi hujan. (Istimewa)

JAKARTA, iNews.Serpong.id - Sebagian besar wilayah Indonesia akan diguyur hujan dengan curah yang sangat tinggi. Masyarakat diingatkan untuk mewaspadai potensi kenaikan curah hujan di atas normal.

“Pulau Jawa, Pulau Bali, dan Nusa Tenggara (curah hujan) di atas normal dengan kenaikan rata-rata curah hujan pada kisaran. Ini sangat perlu diwaspadai kenaikan curah hujan mencapai 91 persen hingga 300 persen,”  kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati saat Rapat Koordinasi Nasional BNPB-BPBD Untuk Kesiapsiagaan Menghadapi Potensi Cuaca Ekstrim, Senin (10/10/2022).

Dwikorita mengatakan, secara umum curah hujan di wilayah Indonesia berada pada kategori menengah hingga tinggi. Sifat hujan di atas normal mendominasi sekitar 69,45 persen wilayah Indonesia.  “Jadi di bulan Oktober ini sebagian besar hampir 70 persen dari wilayah Indonesia akan mengalami hujan di atas normal meskipun belum puncaknya,” tuturnya.

Dwikorita mengatakan wilayah yang mengalami musim hujan dengan sifat di atas normal, sebagian selatan Pulau Sumatera serta Kepulauan Riau dengan kenaikan curah hujan rata-rata antara 21 hingga 100 persen dari normalnya. “Lalu, bagian tengah dan selatan Pulau Kalimantan, kenaikan rata-rata sebesar 11 persen hingga 138 persen dari normalnya," katanya.

Meski begitu, Dwikorita mengatakan perlu dipahami meskipun curah hujan menengah bukan berarti bebas dari banjir. “Karena untuk menjadi banjir itu tidak membutuhkan intensitas hujan yang tinggi, intensitas hujan yang normal pun bisa mengakibatkan banjir," ujarnya. (*)

Editor : Burhan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network