Sekali Luncurkan Produk, Harga Termurah Jam Richard Mille Dibanderol Rp1,2 Miliar

Cahya Puteri Abdi Rabbi
Produk Richard Mille tak lepas dari sifat ekslusif dan mewah. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Produk Richard Mille tak lepas dari sifat ekslusif dan mewah. Tengok saja sekali meluncurkan produk harga termurah jam Richard Mille dibanderol Rp1,2 miliar. 

Jam tangan Richard Mille menjadi salah satu produk jam tangan ekslusif dan mewah di pasar internasional.

Produk jam tangan yang desainnya terinspirasi dari mobil balap ini, didirikan oleh Richard Mille, yang lahir di Draguignan, Prancis, pada 13 Februari 1951.

Sarjana Bidang Pemasaran

Sebenarnya latar belakang pendidikan Richard Mille jauh dari industri jam tangan. Dia menempuh pendidikan di IUT Besancon-Vesoul, Prancis dan menyelesaikan pendidikannya pada 1974 dengan gelar sarjana di bidang pemasaran.

Setelah lulus, Richard Mille memutuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan pembuat jam tangan asal Prancis yakni, Finhor. Dia pun bekerja sebagai manajer ekspor di perusahaan tersebut.

Pada 1981, Richard Mille diangkat sebagai direktur ekspor untuk semua merek jam tangan produksi Finhor Group, usai perusahaan tempatnya bekerja tersebut dibeli oleh sebuah toko perhiasan terkenal di Prancis yakni, Matra.

Tak lama kemudian, Matra menjual lini bisnis pembuatan jamnya kepada toko pembuatan jam asal Jepang, Seiko.

Richard Mille pun memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan perhiasan Mauboussin dan mendirikan bisnis pembuatan jam untuk perusahaan tersebut.

Richard Mille berkali-kali pindah perusahaan dan memiliki banyak pengalaman di berbagai posisi. Usai keluar dari Mauboussin dan menjadi salah satu pemegang sahamnya, ia menjabat sebagai manajer umum di divisi pembuatan jam dari toko perhiasan Place Vendome.

Pada akhirnya, berkat pengalaman yang solid dalam bidang perhiasan serta kronograf jam tangan, Richard Mille pun mendirikan perusahaan jam tangannya sendiri.

Jam Richard Mille yang Mewah dan Ekslusif

Bersama dengan Dominique Guenat dan Lucien Tissot, ia berkolaborasi untuk membuat produk jam tangan karena ketertarikan yang sama di dunia mobil balap, aeronautika dan mekanik.

Perusahaan jam tangannya resmi berdiri dengan nama Richard Mille SA pada 1999. Ia mendirikan perusahaan ini bersama pabrikan jam tangan asal Swiss, Audemars Piguet.

Dua tahun setelahnya, mereka berkolaborasi untuk mendesain sebuah jam tangan dengan konsep otomotif, aeronautika, dan pelayaran. Pada 2001, ia meluncurkan Richard Mille RM001 Tourbillon. 

Pada tahun yang sama Richard Mille dan Guenat mendirikan Horométrie SA yang merupakan perusahaan induk untuk merek jam tangan Richard Mille. Mereka pun mendaftarkannya dalam merek dagang Swiss untuk jam tangan dan perhiasan. 

Pada 2002, Richard Mille meluncurkan jam tangan tipe RM 002 yang berbahan dasar titanium. Setelahnya, muncul RM 003 bermesin tourbillon dengan zona waktu ganda, dan pada 2003 ia merilis RM 004 kronograf flyback.

Hingga saat ini, Richard Mille membuat jam tangan baik untuk pria maupun wanita. Sebagian besar jam tangan buatannya berbentuk tonneau persegi dan bulat.

Adapun, harga termurah untuk produk jam tangan ini dibanderol Rp1,2 miliar, serta yang termahal berkisar Rp30 miliar.

Produk jam tangan Richard Mille disebut sangat eksklusif dan mewah karena jumlah produksi yang kecil yakni hanya sekitar 5.000 jam tangan per tahun.

Demikian kisah sukses pendiri jam Richard Mille yang berhasil mendirikan perusahaan sendiri dan menggunakan namanya sebagai brand setelah 25 tahun malang melintang di industri jam tangan. (*)


Richard Mille, pendiri jam ekslusif dan mewah dengan merek mengikuti namanya. (Foto: Ist)
 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Kisah Sukses Pendiri Jam Richard Mille, Sekali Luncurkan Produk Harga Termurah Dibanderol Rp1,2 Miliar ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/kisah-sukses-pendiri-jam-richard-mille-sekali-luncurkan-produk-harga-termurah-dibanderol-rp12-miliar/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network