Sore Ini, Anwar Ibrahim Dilantik Sebagai Perdana Menteri Malaysia

Ahmad Islamy Jamil
Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim. (Foto : Ist) 

KUALA LUMPUR, iNewsSerpong.id – Sore ini, Anwar Ibrahim dilantik sebagai Perdana Menteri (PM) oleh raja Malaysia pada pukul 17.00 waktu setempat (16.00 WIB). Sebelumnya,  Anwar Ibrahim telah ditunjuk sebagai PM Malaysia yang baru, Kamis (24/11/2022).

Sebelumnya, peluang Anwar menjadi kepala pemerintahan negeri jiran makin menguat tatkala koalisi Barisan Nasional mengisyaratkan akan mendukung pemimpin Partai Keadilan Rakyat (PKR) itu sebagai PM.

Koalisi Penguasa Malaysia

Langkah tersebut bakal membalikkan keputusan bekas koalisi penguasa Malaysia itu sebelumnya untuk tetap netral, dan berpotensi membantu menyelesaikan kebuntuan politik pascapemilu.

Lima hari setelah pemilu, Malaysia masih belum memiliki pemerintahan karena kedua kandidat PM tidak memiliki cukup dukungan untuk mayoritas di parlemen. Akibatnya, lembaga legislatif Malaysia kini hanya diisi oleh kekuatan-kekuatan mengambang yang menyebabkannya terkatung-katung.

Peristiwa semacam ini belum pernah terjadi sebelumnya di negara tetangga Indonesia itu. Ketidakpastian pemilu memperpanjang ketidakstabilan politik di Malaysia, yang telah memiliki tiga perdana menteri sejak 2018.

Hal ini juga berisiko menunda berbagai kebijakan yang diperlukan untuk mendorong pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Anwar Ibrahim Jadi Perdana Menteri Malaysia, Dilantik Sore Ini ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/anwar-ibrahim-jadi-perdana-menteri-malaysia-dilantik-sore-ini/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network