Tunjuk 2 Wakil PM, Anwar Ibrahim Bakal Rangkap Menteri Keuangan

Ahmad Islamy Jamil
Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim. (Foto: Istimewa)

Ahmad Islamy Jamil

 

KUALA LUMPUR, iNews.serpong.id – Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim menunjuk dua wakil perdana menteri (PM) dalam kabinet yang dipimpinnya. Keduanya adalah politikus UMNO yang juga Ketua Koalisi Barisan Nasional, Ahmad Zahid Hamidi, sebagai wakil perdana menteri pertama dan Fadillah Yusof sebagai wakil perdana menteri kedua.

Hal tersebut dia ungkapkan saat mengumumkan nama-nama pejabat yang mengisi kabinetnya, Jumat (2/12/2022) malam. Dalam pengungumuman itu, Anwar juga bakal merangkap jabatan sebagai menyeri keuangan.

Anwar Ibrahim diangkat sebagai perdana menteri oleh raja Malaysia pekan lalu. Pengangkatan mantan pemimpin oposisi itu menyusul hasil pemilihan umum (pemilu) yang menunjukkan tidak ada satu pun koalisi yang mampu meraih kursi mayoritas sederhana. 

Sebelumnya, Anwar sempat mengemukakan gagasan untuk merampingkan kabinet. Hal tersebut disampaikan pemimpin koalisi Pakatan Harapan itu pascapelantikannya sebagai perdana menteri, beberapa waktu lalu.  Politikus berusia 75 tahun ini mengklaim, susunan kabinetnya akan lebih efisien dibandingkan sebelumnya, dari 31 menjadi hanya 25 kursi. (*)

Editor : Burhan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network