5 Gebrakan Anwar Ibrahim PM Malaysia, Rampingkan Kabinet hingga Tak Ambil Gaji

Ajeng Wirachmi
Anwar Ibrahim melakukan beberapa gebrakan begitu dilantik sebagai PM Malaysia (Foto: Departemen Informasi Malaysia via Reuters)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Anwar Ibrahim dilantik sebagai Perdana Menteri (PM) Malaysia pada Kamis (24/11/2022). Meski belum membentuk kabinet, Anwar sudah membocorkan beberapa rencana kebijakan selama kepemimpinannya.

Di antara kebijakan itu Anwat menyoroti perbaikan ekonomi dan kemiskinan di Malaysia. Namun ada pula yang menarik perhatian yakni terkait gaji dirinya serta para pembantunya di kabinet.

Berikut lima gebrakan Anwar Ibrahim memimpin pemerintahan Malaysia:

1. Atasi Lonjakan Biaya Hidup

Anwar menegaskan akan memfokuskan pemerintahannya untuk membangkitkan perekonomian Malaysia yang terpukul salah satunya dipicu ketidakstabilan politik. Malaysia sudah tiga kali berganti kepala pemerintahan sejak 2020 atau setelah mundurnya Mahathir Mohamad.

"Prioritas saya sekarang adalah mengatasi biaya hidup," ujarnya, beberapa saat setelah dilantik.

Anwar juga akan meninjau ulang kebijakan subsidi yang diterapkan pemerintahan sebelumnya. Tujuannya untuk memastikan subsidi benar-benat tepat sasaran. 

Dia memberi waktu kepada setiap instansi pemerintah selama 2 pekan untuk meninjau implikasi dari pemangkasan subsidi.

Malaysia memberikan beberapa jenis subsidi, antara lain bahan bakar dan minyak goreng. Selain itu ada pula subsidi listrik, gula, dan tepung. 

2. Komitmen Perangi Korupsi

Komitmen memerangi korupsi juga digaungkan Anwar. Dia yakin akan membentuk pemerintahan yang baik dengan komitmen kuat terhadap anti-korupsi. 

Tagline memerangi korupsi ini juga dia pakai selama kampanye dan berhasil menyedot atensi masyarakat. Di bawah pemerintahannya, korupsi tidak akan dibiarkan merajalela di Malaysia. Isu ini kian santer di Malaysia setelah mantan perdana menteri Najib Razak terlibat mega-korupsi 1MDB melibatkan dana ratusan triliun rupiah.



Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network