Molis Gading Serpong Turut Ramaikan Pasar Sepeda Motor Listrik, Pasarkan Smoot dan Volta

Syahrir Rasyid

Menanggapi rencana pemerintah untuk memberikan subsidi/insentif pada pembelian kendaraan listrik -- mobil dan sepeda motor listrik tahun depan,

yang disambut antusias baik dari masyarakat maupun agen penjualan, Bang MP menilai itu langkah yang baik.

"Saya kira itu bagus sekali masyarakat akan terbantu dan tentu berpengaruh pada penjualan," paparnya.

Hanya saja, Bang MP memberi beberapa catatan bahwa rencana kebijakan pemberian subsidi/insentif itu harus segera diwujudkan, kini sejumlah konsumen menahan diri untuk eksekusi sepeda motor listrik.

Selain itu, mekanisme pemberian subsidi juga harus jelas mengingat merek sepeda motor listrik yang beredar sekarang sudah di atas 10.

MP percaya bahwa pemerintah pasti akan mengambil kebijakan secepat mungkin, mengingat program kendaraan listrik di Indonesia adalah salah satu program serius dari pemerintah. Apalagi pemerintah sudah mencanangkan Indonesia sebagai salah satu produsen baterai kendaraan listrik terbesar di dunia.

Gayung bersambut, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sudah membocorkan bahwa pemerintah perlu memberikan insentif pembelian kendaraan listrik agar ekosistemnya dapat tumbuh dengan baik, sama seperti negara-negara lain yang sudah lebih dulu menggunakan kendaraan listrik.

“Contohnya negara-negara di Eropa, kenapa mereka lebih maju karena memang pemerintahnya memberikan insentif, dan kalau kita liat juga China juga berikan insentif dan negara yang sebetulnya menjadi kompetitor kita Thailand juga memberikan insentif,” kata Agus dikutip Kamis (15/12/2022).

Lalu seberapa besar subsidi/insentif yang akan digelontorkan pemerintah? Terkait jumlah insentif, Agus menyebut, pembelian mobil listrik akan diberikan insentif sebesar Rp80 juta, sedangkan pembelian mobil listrik berbasis hybrid akan diberikan insentif Rp40 juta.

Adapun, untuk insentif pembelian motor listrik yang baru sebesar Rp8 juta, sedangkan insentif untuk motor konversi menjadi motor listrik Rp5 juta. Kini, dalam tahap finalisasi menghitung untuk memberikan insentif terhadap pembelian mobil dan motor listrik.(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network