4 Negara Dahulu Kaya Raya, Kini Hancur Karena Korupsi

Punta Dewa
Negara-negara yang pernah hancur karena korupsi, padahal negara-negara ini kaya raya. Gadis-gadis belia di Sudan Selatan dilelang untuk dinikahkan dengan para pria. (Foto: Anadolu

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Negara-negara yang pernah hancur karena korupsi, padahal negara-negara ini kaya raya. Sebuah negara yang kaya raya sekali pun bisa hancur karena korupsi. 

Nampaknya korupsi menjadi perhatian utama yang harus dibenahi di setiap negara.

Sepanjang sejarah dari Mesir Kuno hingga saat ini, sebuah negara bisa hancur gara-gara permasalahan korupsi. Berikut beberapa negara yang pernah hancur karena korupsi yang dirangkum dari beberapa sumber.

1.Sudan

Sudan merupakan negara yang kaya akan hasil tambang, hasil tambang di negara ini bisa dibilang sangat melimpah. Tambang emas di Sudan bisa menghasilkan ratusan ribu ton emas. 

Namun karena Sudan merupakan negara yang rawan konflik dan dilanda perang yang tak berkesudahan semakin memperparah kondisi Sudan.

Selain dilanda konflik tak berkesudahan, kondisi Sudan diperparah dengan adanya praktik korupsi. Praktek korupsi merajalela di Sudan. Bahkan indeks korupsi di Sudan berada di nilai 8. Kondisi seperti ini tak mengherankan jika rakyat sudan berada di bawah garis kemiskinan. 

2.Somalia

Somalia masuk ke dalam daftar negara terkorup di dunia. Banyak yang memberitakan Somalia menjadi negara yang sangat miskin, padahal Somalia melimpah akan kekayaan alam dan hewan ternak yang bisa dijadikan komoditi ekspor.

Kondisi kemiskinan di Somalia diperparah dengan maraknya praktek korupsi. Banyak pejabat Somalia yang mengeruk banyak uang negara. Tidaklah mengherankan bila rakyat Somalia kelaparan dan tingkat kesejahteraan yang rendah akibat korupsi.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network