Kepala BIN Ingatkan Winter is Coming di 2023 kepada Para Kepala Daerah

Vitrianda Hilba Siregar
Kepala BIN Budi Gunawan. Foto: Dok

BOGOR, iNewsSerpong.id - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan mengatakan intelijen dunia menggambarkan bahwa tahun 2023 sebagai tahun yang gelap dan penuh ketidakpastian.

Hal tersebut diungkapkan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) tahun 2023 di Sentul International Convention Center (SICC) pada Selasa (17/1/2023) lalu

Ia menggambarkan bahwa tahun 2023 adalah tahun yang dihantui oleh ancaman resesi dan inflasi. Yang dampaknya akan berpengaruh sampai ke daerah hingga pelosok-pelosok desa. “istilah Intelijen disebut, Winter is Coming,” ujar kepala BIN Budi Gunawan.

Budi Gunawan menjelaskan, Perang Rusia-Ukraina menjadi salah satu faktor penyebab ancaman tahun 2023 gelap. Terebih konflik China-Taiwan, turut mengganggu pasokan energi, pangan, dan logistik dunia.

Sedangkan proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2023 bahkan berpotensi turun hingga 1,2 persen akibat ketimpangan wilayah dan antar kelompok masyarakat.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network