Analisa itu dikuatkan oleh penelitian yanng ditemukan GTU di Tesla Model 3. Mobil listrik rancangan Elon Musk itu mengalami karat di bagian baut.
Tidak hanya Tesla Model 3, beberapa mobil listrik lain buatan Toyota dan Renault juga mengalami karat pada rem cakram.
Ralf Roessler dari GTU dikutip Carsifu mengaku telah memeriksa model Tesla dan menemukan bahwa rangkanya hanya diberi lapisan cat tipis. Pilar A juga diisi dengan busa konstruksi yang cenderung menyerap air seperti spons.
"Itu akan basah oleh air. Dalam enam bulan akan menjadi coklat, dalam enam tahun akan membusuk," kata Ralf Roessler.
Dia mengatakan karat awal juga terlihat pada batang penghubung, yang merupakan bagian dari suspensi. "Seluruh balok depan berkarat terlebih dahulu karena air tidak bisa mengalir ke mana-mana," terang Ralf Roessler.(*)
Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada oleh dengan judul "Jangan Salah, Mobil Listrik Ternyata Sangat Rentan Karat".
Editor : Syahrir Rasyid
Artikel Terkait