Transeksual, Transpuan dan Transgender Bedanya Apa? Simak Jawabannya

Amien Nulloh Ibrohim
Transgender merupakan istilah bagi mereka yang memiliki perubahan gender dari yang telah ditentukan saat masa kelahiran. Foto DOK ist

Pada dasarnya transgender, transpuan dan transeksual memiliki kemiripan, sebab sama-sama mengubah orientasi yang mereka bawa dari lahir dengan menyesuaikan keinginan dirinya. Akan tetapi, ketiga istilah tersebut mempunyai perbedaan makna.

Transgender merupakan orang yang secara sadar memiliki orientasi berbeda dengan jenis kelaminnya. Termasuk di dalamnya mencakup istilah dari transpuan (laki-laki ke perempuan).

Sedangkan jika transeksual mengubah orientasi dengan cara menyesuaikan identitas tubuh. Mulai dari menjalani berbagai terapi hingga melakukan tindakan operasi. Oleh karena itu seorang transpuan maupun transgender belum tentu transeksual.

Dikutip dari laman webMD, secara fisik orang transgender bisa tidak mengubah jenis kelaminnya. Akan tetapi, mereka memiliki kebiasaan lain seperti jenis kelamin yang mereka inginkan.

Hal itu berarti, mereka dapat mengekspresikan perubahan gender dari cara berbicara, berpakaian, menata rambut hingga tata cara berperilakunya. Selain itu, mereka juga bisa mengubah namanya sesuai dengan yang mereka kehendaki.

Meskipun tidak seluruhnya transpuan atau transgender yang mengubah fisik mereka, akan tetapi kebanyakan dari mereka pada akhirnya memilih untuk menjadi seorang transeksual.

(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.

Artikel Terkait

BERITA POPULER +
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network