Khawatir Mobil Karatan? Lakukan Tips ini Supaya Awet

Amien Nulloh Ibrohim
Tak perlu khawatir mobil karatan sepanajang perawatan terjamin. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Mobil berkarat tentu sebuah persoalan besar. Bukan hanya menyangkut penampilan, tapi nilai jual kendaaran bila dilepas bisa menyusut tajam.

Sebab mobil tidak berkarat sejatinya akan memiliki nilai jual yang lebih baik, maka pencegahan harus selalu dilakukan. Terlebih ketika memasuki musim hujan, pencegahan tentu lebih baik dilakukan secara dini.

Udara Lembab Picu Karat

Karat pada komponen mobil yang berbahan besi biasanya menyebar dalam waktu yang lama dan akan semakin cepat apabila mobil sering terkena udara lembab yang bisa memicu timbulnya oksidasi dan juga korosi.

Karena itu, bagaimana cara menjaganya supaya karat tidak menempel pada mobil. Namun sebelum melakukannya, ketahui dulu cara menghindari karat pada mobil.

Berikut tips menghindari karat pada mobil dengan mudah.

1. Tidak Parkir Ditempat yang Lembab

Hindari tempat parkir yang lembab. Hal ini dikarenakan parkir di tempat lembab dalam waktu lama akan berpotensi menimbulkan karat pada body mobil.

Parkiran menjadi lembab juga bisa disebabkan mobil yang setelah diguyur hujan langsung dimasukan ke dalam garasi yang tidak adanya udara di dalamnya.

2. Rutin Mencuci

Penyebab utama kendaraan berkarat adalah air hujan. Diketahui air hujan memiliki kandungan asam tinggi, maka sebaiknya jangan dibiarkan lama menempel pada mobil.

Terlebih ketika debu-debu dan lumpur yang menempel lekat pada kolong mobil. Selain itu, usahakan ketika mencuci mobil tidak di malam hari.

Sebab udara yang lembab akan mempengaruhi kelembapan pada body dan bagian dalam ruang mesin mobil. Oleh karena itu hal ini akan berpotensi besar menimbulkan karat.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network