Timnas Israel Ikut Piala Dunia U-20 di Indonesia, Ormas Islam Menolak Alasannya ini

Widya Michella
Timnas Israel U-20 ditolak ormas Islam untuk ikut Piala Dunia U-20 di Indonesia. (Foto : Instagram/@israel_football_association)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ormas Islam menolak Timnas Israel ikut Piala Dunia U-20 di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023. Terungkap dari hasil silaturahmi Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan ormas Islam di Kantor MUI Pusat, Jakarta, Jumat (17/3/2023).

Dalam pertemuan itu ormas Islam menyampaikan pandangan, sikap dan saran-saran secara terbuka, rasional, tenang dan elegan terkait dengan ikutnya Timnas Israel Piala Dunia U-20 di Indonesia.

"Semua ormas Islam yang hadir menyatakan sikap menolak kehadiran Timnas Israel," kata Ketua MUI, Sudarnoto Abdul Hakim, Sabtu (18/3/2023). 

Sesuai Amanah Konstitusi

Secara umum, dia menjelaskan, alasan utama atau dasar berpijak penolakan ini adalah, pertama, amanah konstitusi yang tertuang di dalam Pembukaan UUD 1945 bahwa segala bentuk penjajahan di muka bumi harus dihapuskan. "Zionis Israel adalah penjahat dan penjajah," kata dia. 

Kedua, Indonesia tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel dan tidak akan pernah membuka hubungan diplomatik sepanjang Palestina masih dijajah.

Ketiga, memperkuat solidaritas kepada rakyat dan bangsa Palestina yang selama ini telah menjadi korban dari agresi, aneksasi, genosida dan politik apartheid Israel. 

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network