Waspadai Mata Bintitan, ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Kevi Laras Wana
Ilustrasi mata bintitan. (Foto: Istimewa)

"Cara terbaik untuk mencegah styes dan chalazia adalah dengan mempraktikkan kebersihan yang baik. Cegah penyebaran bakteri dengan mencuci tangan secara teratur dan hindari menyentuh mata," demikian keterangan yang dilansir dari Verywell.

Sementara untuk gejala mata bintitan, dapat meliputi benjolan di kelopak mata, terkadang menjadi merah dan bengkak serta nyeri. Kemudian, kelopak mata bengkak seluruhnya.

"Terkadang, kelenjar bisa tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan bakteri kulit. Ketika ini terjadi, bahan menumpuk di kelenjar yang tersumbat," demikian penjelasan dalam website Kidshealth.

Lokasi bintitan sendiri bisa nyempil di mana saja, mulai bisa di kelopak mata atas atau bawah. Atau juga bisa di bagian dalam atau luar kelopak juga bisa. 

Meskipun sebagian besar benjolan di kelopak mata bersifat ringan dan tidak berbahaya, beberapa dapat mengindikasikan kondisi yang lebih serius. 

Kemungkinan gejala dari masalah yang lebih serius meliputi lepuh di kelopak mata, kotoran berlebihan dari mata, perubahan warna pada bagian putih mata, sensitivitas terhadap cahaya rendah sekalipun, kesulitan melihat mata karena sangat berair.

Nah, bila mengalami kondisi mata bintitan, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Apalagi bila sudah mengganggu dan Anda mengalami nyeri di dalam bola mata atau penglihatan berubah atau kabur.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network