Dari Paket Reguler hingga VIP, Segini Rincian Biaya Umroh 2023

Rilo Pambudi
Biaya umroh 2023 (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Biaya umroh 2023 lengkap dengan rincian fasilitas yang didapatkan menjadi informasi yang patut disimak. Bagi umat Muslim yang berencana melaksanakan ibadah umroh, sangat penting mempersiapkan semuanya termasuk biaya.

Umrah adalah ibadah ziarah atau berkunjung ke Baitullah yang dianjurkan dalam ajaran Islam. Seperti haji, umrah juga menjalankan tawaf, sa'i, dan tahallul.

Oleh karena itu, ibadah umroh juga sering disebut sebagai haji kecil. Dalil tentang anjuran menjalankan umroh salah satunya disebutkan dalam Al Quran, Surat Al Baqarah ayat 158. Allah SWT berfirman:

اِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَاۤىِٕرِ اللّٰهِۚ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ اَوِ اعْتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ اَنْ يَّطَّوَّفَ بِهِمَاۗ وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًاۙ فَاِنَّ اللّٰهَ شَاكِرٌ عَلِيْمٌ

Artinya: Sesungguhnya Shafa dan Marwa adalah sebagian dari syiar Allah. Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau berumrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa'i di antara keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui. (QS. Al Baqarah: 158)

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Rasulullah SAW bersabda:

“Ibadah umroh ke ibadah umrah berikutnya adalah penggugur (dosa) di antara keduanya, dan haji yang mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surga” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Biaya Umroh 2023

Kementerian Agama RI (Kemenag RI) dan sejumlah Asosiasi Persatuan Travel Umrah dan Haji Plus telah menetapkan standar biaya umroh 2022/2023 berkisar Rp 24.000.000 hingga Rp 28.000.000 per orang. Namun, setiap penyelenggara perjalanan umrah tentu memiliki rincian biaya yang berbeda.

Biaya umroh untuk 1 orang di tahun 2023 dari biro umroh swasta umumnya dipatok sekitar Rp30.000.000 hingga Rp50.000.000 jutaan. Harga tersebut disesuaikan dengan paket fasilitas yang ditawarkan.

Kendati demikian, semuanya telah memiliki kesamaan yang menjadi standar umroh. Sehingga, sehingga tersebut sudah termasuk akomodasi seperti hotel, tiket pesawat PP, transportasi, makanan, dan fasilitas pendukung ibadah umrah.

Pada dasarnya, biaya umroh disesuaikan dengan jenis paket yang diambil. Ada pun jenis paket yang biasa disediakan oleh biro umroh biasanya terbagi 3 jenis.

1. Paket Umroh Reguler

Paket umroh reguler adalah paket yang paling standar. Paket ini telah mencakup biaya tiket penerbangan, menginap di hotel bintang 4, transportasi, dan perlengkapan umroh. Untuk paket reguler, rerata dapat dibanderol sampai Rp24-27 jutaan per orang.

2. Paket Umroh Plus

Paket umroh plus direkomendasikan bagi yang ingin berangkat secara berkelompok kecil. Umumnya menjadi pilihan bagi yang ingin umroh satu keluarga sekaligus.

Paket umroh plus memiliki fasilitas sama seperti reguler. Bedanya, hotel yang digunakan lebih bagus atau berlokasi lebih dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Untuk harganya, 1 orang di paket umroh plus dibanderol sekitar Rp28 juta hingga Rp35 juta.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network