Inilah Tiga Penyebab Stres pada Anak

Nurdin R Radin
Kegiatan psikotes bagi calon siswa baru MIN 3 Tangerang. (Foto : Ist)

3. Sering Dibanding-bandingkan

Kebiasaan membanding-bandingkan anak dengan kakak atau adiknya, atau bahkan dengan temannya, adalah kebiasaan orang tua yang tidak baik. Anak itu unik, sehingga setiap anak memiliki keistimewaan masing-masing.

Berhentilah membanding-bandingkan anak, karena hal itu dapat menyebabkan anak tumbuh tidak sesuai dengan jati dirinya yang asli.

Anak yang sering dibanding-bandingkan tidak hanya akan stres, namun cenderung menjadi orang lain, sehingga dia tidak akan memiliki sikap dan pendirian yang ajeg.

Acara Parenting ini digelar bersamaan dengan kegiatan psikotes bagi calon siswa baru MIN 3 Tangerang. Psikotes diikuti oleh 96 orang peserta yakni calon siswa baru MIN 3 Tangerang tahun ajaran 2023/2024.

Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MIN 3 Tangerang, Ratni Megawati, S.Pd.I, mengatakan bahwa psikotes ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan di sekolahnya.

“Psikotes bertujuan untuk mengetahui perilaku dan tingkah laku calon siswa baru, sehingga diperoleh pemetaan siswa agar wali kelas dan guru dapat memahaminya.” demikian ungkap Ratni.


Ratni Megawati, S.Pd.I. Ketua Panitia PPDB MIN 3 Tangerang tahun ajaran 2023/2024. (Foto : Ist)
 

MIN 3 Tangerang menerima siswa baru tahun ajaran 2023/2024 sesuai dengan kapasitas yang tersedia. Jadi hasil psikotes ini tidak mempengaruhi terhadap keputusan diterima atau tidaknya siswa di sekolah tersebut.

Lebih jauh Ratni mengungkapkan bahwa sebelum psikotes, calon siswa baru juga sudah dilakukan tes baca, tulis, dan berhitung (calistung).

“Tes calistung juga bertujuan untuk pemetaan siswa bagi wali kelas dan guru lainnya, bukan penentu diterima atau tidaknya siswa tersebut”, kata Ratni.

MIN 3 Tangerang adalah sekolah negeri di bawah Kementerian Agama RI yang berlokasi di Desa Lengkong Kulon Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Sekolah ini memiliki akreditasi unggul (A) dari Badan Akreditasi Sekolah / Madrasah. (*)


MIN 3 Tangerang menerima siswa baru tahun ajaran 2023/2024 sesuai dengan kapasitas yang tersedia. (Foto : Ist)
 
 


Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network