Motif Belum Diketahui, Penumpang Buka Pintu Asiana Airlines saat Penerbangan

Anton Suhartono
Penumpang yang membuka pintu darurat pesawat Asiana Airlines dalam penerbangan ditahan polisi (Foto: Yohanp via Reuters)

SEOUL, iNewsSerpong.id - Pria yang membuka pintu darurat pesawat dalam penerbangan Asiana Airlines rute Jeju-Daegu, Korea Selatan, Jumat (26/5/2023), ditahan polisi. Meski demikian kepolisian maupun Kementerian Perhubungan Korsel belum mengungkap motif pelaku nekat membuka pintu pesawat saat penerbangan.

Pesawat Airbus A321-200 itu mendarat dengan selamat di Bandara Daegu sekitar pukul 12.40 waktu setempat. Sembilan orang dilarikan ke rumah sakit karena syok berat dan sesak napas, delapan di antaranya siswa sekolah.

Kementerian Perhubungan Korsel menyatakan, polisi dan pihak terkait lainnya sedang menyelidiki pelanggaran undang-undang keselamatan penerbangan.

Selain itu, pihak berwenang juga menyelidiki apakah Asiana Airlines sudah mengikuti protokol terkait penggunaan pintu darurat atau belum. Namun seorang pejabat kementerian mengatakan, ada kemungkinan pintu darurat bisa dibuka karena pesawat sudah dekat dengan landasan. Pasalnya tekanan udara di dalam dan luar pesawat sudah sama.

Seorang saksi menggambarkan suasana panik di dalam pesawat saat pintu terbuka.

"Saya kira pesawat akan meledak. Sepertinya penumpang di sebelah pintu yang terbuka pingsan," kata saksi seorang penumpang berusia 44 tahun, kepada Yonhap.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network