Wajib Tahu 10 Malaikat dan Tugasnya, Diantaranya Sampaikan Wahyu

Punta Dewa
10 malaikat dan tugasnya (Freepik)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Inilah 10 malaikat dan tugasnya yang perlu diketahui oleh seorang Muslim. Di antara keyakinan penting umat Islam adalah keberadaan malaikat sebagai entitas gaib. Malaikat merupakan makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT untuk melaksanakan perintah-Nya dalam mengurus segala urusan. Terdapat 10 nama malaikat yang dikenal oleh umat Muslim, dan berikut adalah tugas-tugas mereka.


Dalam bukunya yang berjudul Mengundang Malaikat ke Rumah, Mahmud asy-Syafrowi menjelaskan bahwa "malaikat" merupakan bentuk jamak dari kata "malak", yang berasal dari kata "al-alukah" yang berarti "ar-risalah" (misi atau pesan). Sementara itu, mereka yang membawa misi disebut "ar-rasul" atau utusan.


Dalam beberapa ayat Al-Qur'an, malaikat juga disebut sebagai "rasul" atau utusan-utusan, seperti yang terdapat dalam Surat Hud ayat 69:


وَلَقَدْ جَآءَتْ رُسُلُنَآ إِبْرَٰهِيمَ بِٱلْبُشْرَىٰ قَالُوا۟ سَلَٰمًا ۖ قَالَ سَلَٰمٌ ۖ فَمَا لَبِثَ أَن جَآءَ بِعِجْلٍ حَنِيذٍ


Arab-Latin: Wa laqad jā`at rusulunā ibrāhīma bil-busyrā qālụ salāmā, qāla salāmun fa mā labiṡa an jā`a bi'ijlin ḥanīż


Artinya: Dan sesungguhnya utusan-utusan Kami (malaikat-malaikat) telah datang kepada lbrahim dengan membawa kabar gembira, mereka mengucapkan: "Selamat". Ibrahim menjawab: "Selamatlah," maka tidak lama kemudian Ibrahim menyuguhkan daging anak sapi yang dipanggang.


Ada juga pendapat dari beberapa ulama yang menyebutkan bahwa "malak" berasal dari kata "la'aka" yang artinya "menyampaikan sesuatu". Oleh karena itu, malaikat dapat dikatakan sebagai pengantara atau penyampai urusan yang berasal dari Allah SWT.


Secara terminologi, malaikat adalah makhluk Allah SWT yang diciptakan khusus untuk beribadah dan taat kepada-Nya, serta melaksanakan semua tugas yang diberikan-Nya.Malaikat dijelaskan juga sebagai makhluk yang tercipta dari cahaya (nur). Oleh karena itu, mereka mewarisi sifat cahaya, yaitu tidak dapat dilihat dan memiliki kemampuan bergerak dengan kecepatan cahaya. Dalam sabda Nabi Muhammad SAW, beliau membenarkan mengenai asal-usul penciptaan malaikat.


خلقت الْمَلائِكَةُ مِنْ نُورٍ وَخُلِقَ الْحَانُ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ وَخُلِقَ آدَمُ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ

Artinya: "Malaikat itu diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api, dan Adam diciptakan dari apa yang telah diterangkan kepadamu semua." (HR Muslim)

Lebih detailnya, Mahmud asy-Syafrowi menyampaikan bahwa malaikat telah diciptakan sebelum manusia pertama, yaitu Nabi Adam AS. Hal ini sejalan dengan firman Allah SWT dalam Surat Al-Baqarah ayat 30:


وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَٰٓئِكَةِ إِنِّى جَاعِلٌ فِى ٱلْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوٓا۟ أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ ٱلدِّمَآءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّىٓ أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ


Arab-Latin: Wa iż qāla rabbuka lil-malā`ikati innī jā'ilun fil-arḍi khalīfah, qālū a taj'alu fīhā may yufsidu fīhā wa yasfikud-dimā`, wa naḥnu nusabbiḥu biḥamdika wa nuqaddisu lak, qāla innī a'lamu mā lā ta'lamụn


Artinya: Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".


Ayat ini menguatkan bahwa sebelum terciptanya manusia, terdapat kisah yang mengisahkan keberadaan malaikat. Ketika itu, malaikat telah ada, dan saat mereka mendengar berita bahwa Allah SWT akan menciptakan manusia sebagai khalifah di bumi, mereka pun menanyakan hal tersebut kepada-Nya.


Berikut 10 malaikat dan tugasnya, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/7/2023).


10 Malaikat dan Tugasnya


1. Malaikat Jibril


Malaikat Jibril memiliki tugas untuk menyampaikan wahyu dari Allah kepada para nabi dan rasul. Malaikat Jibril juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti Ruh Al-Quds, Ar-Ruh-Al-Amin, dan Namus.


Dari sahabat Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,


كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ، وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ، وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ القُرْآنَ، فَلَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ المُرْسَلَةِ


“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam adalah manusia yang paling lembut terutama pada bulan Ramadan ketika malaikat Jibril ‘alaihissalam menemuinya. Dan Jibril ‘alaihissalam mendatanginya setiap malam di bulan Ramadan, di mana Jibril ‘alaihissalam mengajarkan Al-Qur’an. Sungguh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jauh lebih lembut daripada angin yang berhembus.” (HR. Bukhari no. 6)


2. Malaikat Mikail

Tugas Malaikat Mikail adalah mengatur kesejahteraan makhluk, seperti mengatur awan, mengirimkan hujan, mengatur angin, dan mendistribusikan rezeki. Salah satu tugas yang paling terkenal adalah sebagai pembawa rezeki bagi semua makhluk ciptaan Allah SWT.


Allah Ta’ala berfirman,


مَن كَانَ عَدُوّاً لِّلّهِ وَمَلآئِكَتِهِ وَرُسُلِهِ وَجِبْرِيلَ وَمِيكَالَ فَإِنَّ اللّهَ عَدُوٌّ لِّلْكَافِرِينَ


“Barangsiapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril, dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir.” (QS. Al-Baqarah: 98)


3. Malaikat Israfil


Tugas Malaikat Israfil adalah meniup sangkakala saat dimulainya hari kiamat di masa depan. Sangkakala ini akan terus ditiup hingga hari kebangkitan di Padang Mahsyar.


Dari Abu Salamah bin Abdurrahman bin Auf, beliau berkata, “Saya bertanya kepada ‘Aisyah Ummul mukminin, ‘Doa iftitah apakah yang dibaca Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika membuka salat malamnya?’


‘Aisyah menjawab, ‘Apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam salat malam, beliau membaca doa iftitah sebagai berikut,


اللهُمَّ رَبَّ جَبْرَائِيلَ، وَمِيكَائِيلَ، وَإِسْرَافِيلَ، فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ، عَالِمَ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ، أَنْتَ تَحْكُمُ بَيْنَ عِبَادِكَ فِيمَا كَانُوا فِيهِ يَخْتَلِفُونَ، اهْدِنِي لِمَا اخْتُلِفَ فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِكَ، إِنَّكَ تَهْدِي مَنْ تَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ


“ALLAHUMMA RABBA JABRAA`IIL WA MIIKAA`IIL WA ISRAAFIIL FAATHIRAS SAMAAWAATI WAL ARDLI ‘AALIMAL GHAIBI WASY SYAHAADAH ANTA TAHKUMU BAINA ‘IBAADIKA FIIMAA KAANUU FIIHI YAKHTALIFUUN IHDINII LIMA UKHTULIFA FIIHI MINAL HAQQI BIIDZNIKA INNAKA TAHDII MAN TASYAA`U ILAA SHIRAATHIN MUSTAQIIM”


(Ya Allah, Tuhan Jibril, Mikail, dan Israfil, Maha Pencipta langit dan bumi, Maha Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Engkaulah hakim di antara hamba-hamba-Mu tentang apa yang mereka perselisihkan, tunjukilah aku jalan keluar yang benar dari perselisihan mereka. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi petunjuk kepada jalan yang lurus, bagi siapa yang Engkau kehendaki.)” (HR. Muslim no. 770)


4. Malaikat Izrail


Tugas Malaikat Izrail adalah mencabut nyawa semua makhluk hidup, termasuk manusia, jin, iblis, setan, dan malaikat, ketika saatnya telah tiba.


Allah berfirman,


قُلْ يَتَوَفَّاكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِي وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ إِلَى رَبِّكُمْ تُرْجَعُونَ


“Katakanlah, ‘Malaikat maut yang diserahi tugas untuk mencabut nyawa kalian, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan.’” (QS. As-Sajdah: 11)


5. Malaikat Munkar


Tugas Malaikat Munkar adalah menanyai orang-orang yang telah meninggal dan berada di alam kubur.


Dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


إِذَا قُبِرَ المَيِّتُ – أَوْ قَالَ: أَحَدُكُمْ – أَتَاهُ مَلَكَانِ أَسْوَدَانِ أَزْرَقَانِ، يُقَالُ لِأَحَدِهِمَا: الْمُنْكَرُ، وَلِلْآخَرِ: النَّكِيرُ


“Jika salah seorang dari kalian dimakamkan, maka akan datang kepadanya dua malaikat yang hitam dan biru. Salah satunya bernama Munkar, dan yang lainnya bernama Nakir.” (HR. Tirmidzi no. 1071, dinilai hasan oleh Al-Albani)


6. Malaikat Nakir


Malaikat Nakir memiliki tugas yang sama dengan Malaikat Munkar, yaitu menanyai orang-orang yang telah meninggal dan berada di alam kubur.


7. Malaikat Raqib


Tugas Malaikat Raqib adalah mencatat semua perbuatan baik setiap manusia dari masa dewasa hingga akhir hidup.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network