Cegah Osteoarthritis Lutut, RS Siloam Lippo Village Buat Terobosan Perbaikan Akar Miniksus

Vitrianda Hilba Siregar
Perkapuran atau osteoartritis terutama osteoartritis lutut menjadi perhatian serius dunia kesehatan. Foto: IST

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Perkapuran atau osteoartritis terutama osteoartritis lutut menjadi perhatian serius dunia kesehatan. Pada konteks itulah RS Siloam Lippo Village menyelenggarakan acara pertemuan media untuk memperkenalkan perbaikan akar meniskus dalam upaya meningkatkan layanan kesehatan bagi pasien, terutama di bidang ortopedi. Perbaikan ini dilakukan melalui operasi minimal invasif dengan sayatan kecil bagi pasien.

Perkapuran atau osteoartritis sering kali keliru dianggap sebagai penyakit yang hanya terjadi karena bertambahnya usia. Mitos ini menyebabkan banyak orang merasa pasrah dan mengurangi aktivitas fisik seiring bertambahnya usia. Namun, studi terkini membuktikan sebaliknya. Osteoartritis sebenarnya dapat dicegah agar tidak semakin memburuk, dan aktivitas fisik memiliki efek positif terhadap perbaikan kondisi tersebut.

Jumlah kasus osteoartritis di Indonesia saat ini meningkat 2.5 kali lipat dibandingkan tahun 1990, angka ini lebih tinggi dari peningkatan rata-rata di dunia yang hanya 2 kali lipat. Situasi ini memberikan beban berat bagi pemerintah dan keluarga, karena dapat menyebabkan kesulitan dalam bekerja, mencari nafkah, dan menjalankan aktivitas sehari-hari.

Dr. dr. John C. P. Butarbutar, Sp.OT, K menjelaskan bahwa saat ini osteoartritis diakui sebagai kondisi serupa dengan gagal organ, seperti gagal jantung, ginjal, dan lain-lain. Penyebabnya beragam, termasuk cedera, kegemukan, diabetes, dan radang kronis, yang jika tidak ditangani dengan baik, dapat menyebabkan kerusakan pada sendi.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network