Hari Ginjal Sedunia, RS Siloam Lippo Village Ingatkan Kesadaran Akan Penyakit Degeneratif

Vitrianda Hilba Siregar
RS Siloam Lippo Village pada hari ini merayakan Hari Ginjal Sedunia dengan tema ‘Kidney Health for All: Preparing for the Unexpected, Supporting the Vulnerable’. Foto: Ist

TANGERANG, iNewsSerpong.id - Hari Ginjal Sedunia diperingati RS Siloam Lippo Village pada hari ini Minggu, 19 Maret 2023 dengan tema ‘Kidney Health for All: Preparing for the Unexpected, Supporting the Vulnerable’.

Peringatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat melalui serangkaian acara edukasi kesehatan kepada masyarakat awam dan juga para pasien, terutama terkait penyakit batu ginjal dan ginjal kronik yang rentan terjadi.

Seiring dengan pertumbuhan tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia, tingkat kejadian penyakit degeneratif juga semakin meningkat, salah satunya adalah penyakit batu ginjal.

Menurut data dari Kemenkes, sebanyak 1-19% populasi di Asia, terutama Asia Barat, Asia Selatan, Asia Tenggara, Korea Selatan, dan Jepang, mengidap batu saluran kemih pada ginjal. Angka insiden batu saluran kemih meningkat pada populasi di atas usia 30 tahun dan lebih sering ditemukan pada populasi pria daripada wanita.

Di Indonesia sendiri, menurut data dari Riskesdas tahun 2018, angka kejadian gagal ginjal kronis di Indonesia mencapai 0.38% dari total penduduk Indonesia, atau sebanyak lebih dari 713 ribu orang.

Dari kasus gagal ginjal akut yang ditemukan, 11% disebabkan oleh batu ginjal dan dari kasus gagal ginjal akut tahap 5, sebanyak 3% kasus disebabkan oleh batu ginjal.

Sejalan dengan tema Hari Ginjal Sedunia, RS Siloam Lippo Village juga mengadakan Talk Show dengan tema ‘Living Well with a Healthier Kidney’ dan menghadirkan Prof. Dr. dr. Parlindungan Siregar, SpPD, KGH, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Ginjal Hipertensi; dr. Christiano Tansol, SpU, Dokter Spesialis Urologi; dan dr. Mulianah Daya, M. Gizi, SpGK, Dokter Spesialis Gizi Klinik sebagai narasumber.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network