Rekomendasi Tempat Wisata Sejarah di Jakarta untuk Rayakan 17 Agustus

Kiki Oktaliani
Di Jakarta sendiri ada banyak pilihan tempat wisata yang bisa disambangi untuk mengingat perjuangan para pahlawan bangsa. Salah satu Tugu Proklamasi. Foto: Dok

Gedung Joang 45

Bangunan yang identik dengan cat putih gading, serta pilar-pilar tinggi dan besar di bagian depannya ini bisa jadi rekomendasi wisata seanjutnya di momen HUT ke-78 RI.

Pemilik pertamanya adalah seorang pengusaha Belanda, LC Schomper dan dibangun sejak 1939.

Dia mendirikan Hotel Schomper untuk dijadikan tempat singgah pejabat tinggi Belanda, pengusaha asing dan pejabat pribumi yang berkunjung ke Batavia.

Terletak di Jalan Menteng Nomor 31, Jakarta Pusat, bangunan bersejarah ini menyimpan banyak kenangan tentang kisah perjuangan pemuda Indonesia pada era pemerintahan Belanda dan Jepang.

Tugu Proklamasi

Selanjutnya ada tugu proklamasi, yang terletak di di Jalan Pegangsaan Timur nomor 56, Jakarta yang kini telah berubah nama menjadi Jl. Proklamsi.

Tugu Proklamasi diresmikan pada tanggal 17 Agustus 1972, oleh Menteri Penerangan saat itu Bpk. Budiardjo. Kemudian dihadir oleh mantan Wakil Presiden M. Hatta. Kemudian dilanjutkan oleh Presiden Soeharto pada 17 Agustus 1980, untuk meresmikan Monumen Proklamasi.

Selain itu, ada dua obyek penting lainnya yaitu Tugu Peringatan Satu Tahun Proklamasi, yang dibuat tahun 1946 sebagai peringatan ulang tahun pertama Indonesia.

Kedua adalah Monumen Proklamator Soekarno-Hatta, di buat dengan tinggi 4,3 meter dengan bahan dari perunggu.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network