Kecelakaan Beruntun di Balikpapan Diduga Akibat Rem Truk Blong

Mukmin Azis, Puteranegara Batubara
Foto kolase kecelakaan maut truk kontainer tabrak belasan kendaraan di lampu merah Muara Rapak, Kota Balikpapan, Jumat pagi. (Istimewa)

JAKARTA, iNews.Serpong.id - Muhammad Ali, sopir truk kontainer yang mengakibatkan kecelakaan beruntun di Balikpapan, Kalimantan Timiurn (Kaltim), menyatakan hendak membawa muatan untuk diantar ke Kampung Baru, Balikpapan Barat. Saat di depan Rajawali Foto Km 0,5, dia mengaku sudah mulai mengurangi kecepatan dengan menurunkan porsneling dari empat ke tiga.

Namun, sesampai di depan Bank Mandiri, rem sudah tidak berfungsi. Truk terus meluncur laju dan menabrak belasan kendaraan di depannya yang sedang berhenti karena lampu merah di traffic light Muara Rapak. “Seingat saya, yang pertama kali tertabrak pengendara sepeda motor," ujarnya dalam keterangan kepada petugas, Jumat (21/1/2022).

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo mengungkapkan, hasil pemeriksaan awal kecelakaan diduga disebabkan truk kontainer mengalami rem blong. Hal ini diketahui dari pemeriksaan petugas di lapangan. "Hasil investigasi petugas di lapangan sementara, dimulai karena adanya truk tronton yang remnya blong," katanya saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (21/1/2022).

Yusuf menjelaskan, truk tersebut mengangkut beban hingga 20 ton sehingga kesulitan menghentikan lajunya ketika mengalami rem blong. Ditambah lagi, lokasi kejadian, Simpang Muara Rapak jalanan turunan yang cukup curam. Hal itu yang diduga mengakibatkan sopir tronton sulit mengendalikan kendaraannya. "Daya laju kendaraannya tidak bisa dikurangi lagi karena memang jalanannya yang menurun," ujar Yusuf. 

Kecelakaaan beruntun ini menewaskan lima orang. Ada enam mobil dan 14 sepeda motor yang dihantam truk kontainer saat berhenti di lampu merah. Dari rekaman CCTV di sekitar lokasi, Insiden kecelakaan terjadi pada Jumat pagi (21/1/2022) sekitar pukul 06.19 WITA di persimpangan lampu merah Muara Rapak, Kota Balikpapan.

Tampak dalam video, lampu merah di persimpangan itu sedang menyala. Banyak kendaraan yang berhenti untuk menunggu giliran jalan. Tak lama, terlihat sebuah truk kontainer datang dari arah belakang. Truk itu datang dengan kecepatan tinggi dan langsung menyeruduk belasan motor dan mobil yang berada di depannya. Bahkan, ada tiga mobil yang terbalik saat ditabrak truk kontainer tersebut. (*)

Editor : Burhan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network