Penggemar K-Pop Wajib Tahu! Arti Kata Fangirling yang Viral di Media Sosial

Simon Iqbal Fahlevi
Arti kata fangirling. (Freepik)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Arti kata fangirling membuat penasaran sebagian orang usai sering digunakan Kpopers di media sosial. Istilah ini juga sering disebut dalam quotes-quotes konten media sosial ataupun percakapan sehari-hari.

Derasnya arus Korean wave di Indonesia membuat banyak orang berbondong-bondong untuk lebih mengenal istilah-istilah dalam dunia per-Kpopan. Seperti salah satunya istilah fangirling yang marak digunakan belakangan ini.

Bagi beberapa orang khususnya penggemar budaya pop Korea pasti sudah sangat mengenal istilah fangirling. Tapi sebenarnya apa sih fangirling itu?

Kata fangirling seringkali dikaitkan dengan para wanita penggemar grup idola asal Korea Selatan.

Agar tidak salah menggunakan istilah tersebut, arti kata fangirling perlu dipahami terlebih dahulu melalui ulasan berikut inidikutip dari berbagai sumber, Rabu (8/11/2023).

Arti Kata Fangirling

Merujuk dari Urban Dictionary, fangirling merupakan seni mendalami karakter sebagai penggemar suatu grup idola, penyanyi, aktor, atau selebriti lainnya.

Sederhananya, fangirling adalah perilaku yang dilakukan oleh penggemar perempuan (fangirl) untuk menunjukkan rasa kagum atau suka mereka terhadap seseorang atau sesuatu yang mereka idolakan. 

Selain itu, fangirling ini merupakan kata kerja dari kata fangirl atau apabila dipisah menjadi fan girl yang memiliki arti gadis penggemar.

Gadis penggemar ini dimaksudkan untuk mereka yang memiliki favorit pada public figure. Mereka adalah sekelompok wanita yang terobsesi dengan idolanya, tapi tidak sampai menguntit idolanya.

Pada intinya, jika fangirl adalah seorang penggemar, maka fangirling adalah wujud atau bentuk dari mengidolakan seseorang itu sendiri.

Misalnya, di malam hari seusai melakukan aktivitas sehari-hari, kamu ingin menghibur diri dengan menonton penampilan grup boyband favoritmu, maka itu berarti kamu sedang melakukan kegiatan fangirling.

Para fangirl selalu menjadi garda terdepan dalam menunjukkan bentuk kesetiaan kepada penggemar sekaligus menjadi tameng yang selalu siap sedia membela jika ada yang menghina idol-nya.

Aktivitas fangirling lalu diafdolkan dengan membeli album fisik, merchandise dan segala pernak-pernik K-Pop yang harganya tak bisa dibilang murah.

Mereka ekspresif menunjukkan kecintaan terhadap idola mereka di ruang-ruang publik. Berhasrat kuat dalam mengungkapkan sentimen kolektif. 

Rasa kolektif itu dirayakan dengan menyelenggarakan kumpul sesama penggemar, bahkan mereka kerap mencuri perhatian publik dengan meniru tarian idola atau cover dance, cover music atau bahkan flash mob. 

Contoh Aktivitas Fangirling

1. Menonton video, acara televisi, film, dan karya-karya lain yang melibatkan sesuatu atau seseorang yang disukai.

2. Memakai atau menggunakan produk tertentu dari brand atau merek yang sangat disukai.

3. Mengikuti dan/atau mencari berita atau informasi apa pun yang terkait dengan seseorang atau sesuatu yang disukai tersebut.

Demikian ulasan tentang arti kata Fangirling yang jarang diketahui orang. Semoga bermanfaat!(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network