Dipercaya Buang Sial Dan Dapat Hoki, Inilah 5 Ritual Wajib Saat Imlek

Tim Okezone
Ritual Wajib saat Imlek (Foto: Golviv)

INDONESIA, iNewsSerpong.id - Saat perayaan Imlek masyarakat keturunan Tionghoa menjalani berbagai ritual wajib yang menjadi tradisi mereka. Mengingat sebentar lagi Tahun Baru Imlek 2022 akan segera dirayakan. Biasanya, Seperti membersihkan rumah hingga makan bersama keluarga. Berikut ulasan lengkapnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Membersihkan rumah

Membersihkan rumah memang hal wajib bagi semua orang. Tetapi, bagi masyarakat keturunan Tionghoa seluruh keluarga wajib untuk membersihkan rumah. Karena mereka percaya bahwa dengan membersihkan rumah, maka seluruh nasib buruk yang ada di tahun lalu ikut terbuang bersama kotoran-kotoran di rumahnya tersebut.

2. Silaturahmi Sowan ke keluarga

Sebagian orang percaya bahwa setiap merayakan Imlek Anda diwajibkan mengunjungi kerabat atau keluarga terdekat, demi menghormati dan mempererat tali kasih antar keluarga tersebut. Kebanyakan seorang keturunan Tionghoa berkunjung dan berkumpul di rumah orangtuanya. Tapi, di era pandemi Covid-19, selalu taat mengikuti kebijakan yang diterapkan pemerintah ya, dan patuhi protokol kesehatan.

3. Bakar Kim Cua dan Gin Cua

Ritual membakar kertas berwarna kuning yang bagian tengahnya berwarna emas (kim cua) dan perak (gin cua), masuk sebagai ritual khas yang dilakukan orang Tionghoa untuk merayakan Imlek. Membakar kertas tersebut dipercaya bisa menambah tabungan di Surga.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network