JAKARTA, iNewsSerpong.id - Nilai merek Vespa mencapai lebih dari 1 miliar euro, atau sekitar Rp18,1 triliun. Capaian ini berasal dari penilaian yang dilakukan oleh Interbrand.
Studi independen yang dipesan oleh Piaggio Group, perusahaan induk Vespa, dilakukan oleh konsultan brand Interbrand. Vespa memiliki penguasaan pasar yang kuat, yang mempengaruhi penilaian valuasi ini.
Metode valuasi brand yang terbukti digunakan oleh Interbrand, yang menggabungkan analisis keuangan dengan data kualitatif dan kuantitatif. Informasi ini dikumpulkan melalui riset di 10 pasar utama Vespa.
Libatkan Pasar Indonesia
Riset ini melibatkan pasar di Italia, Prancis, Jerman, Spanyol, Amerika Serikat, Vietnam, Thailand, Indonesia, Tiongkok, dan India. Manfredi Ricca, Global Chief Strategy Officer Interbrand, menyatakan bahwa Vespa bukan hanya sebuah merek warisan dan simbol Italia, tapi juga dicintai secara global.
"Penilaian kami bukan hanya menentukan nilai numerik dari keberhasilan dan daya tarik merek ini, tapi juga menunjukkan bagaimana Vespa telah menjadi simbol kebebasan dalam menikmati kehidupan, melampaui batas mobilitas," ujarnya.
Editor : Syahrir Rasyid
Artikel Terkait