Lewat Crypto Wallet, Membuat Transaksi Lebih Mudah dan Aman

Anindita Trinovian
Cryptocurrency telah menjadi salah satu instrumen investasi atau trading yang populer. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Cryptocurrency telah menjadi salah satu instrumen investasi atau trading yang sangat populer di kalangan generasi milenial. Untuk memiliki mata uang digital ini, diperlukan sebuah crypto wallet.

Saat ini, dalam era blockchain, keberadaan web3 wallet memberikan jaminan keamanan terhadap mata uang crypto yang dimiliki, memudahkan para trader crypto dalam transaksi.

Apa Itu Crypto Wallet?

Crypto wallet adalah aplikasi digital yang berfungsi untuk menyimpan, mengelola, dan melakukan transaksi dengan aset crypto. Dalam crypto wallet, pengguna dapat menyimpan kunci pribadi yang digunakan untuk mengakses aset crypto mereka.

Hal ini menjamin hanya pemilik crypto wallet yang dapat mengontrol dan mengakses aset mereka. Crypto wallet dapat berbentuk aplikasi di perangkat seluler atau perangkat keras, berperan sebagai tempat penyimpanan aman untuk kunci pribadi pengguna.

Beberapa crypto wallet juga menawarkan fitur seperti konversi mata uang, pertukaran aset crypto, dan integrasi dengan aplikasi terdesentralisasi (dApps).

Jenis-Jenis Crypto Wallet

Ada beberapa jenis crypto wallet yang tersedia dengan kelebihan dan kelemahan masing-masing yang perlu dipertimbangkan saat memilih crypto wallet:

Desktop Wallet:

Diinstal dan dijalankan di komputer pengguna. Desktop wallet memberikan akses yang mudah dan cepat ke aset crypto, namun rentan terhadap serangan malware jika keamanannya tidak dijamin.

Mobile Wallet:

Aplikasi yang diinstal di perangkat seluler. Mobile wallet memungkinkan akses mudah, portabilitas, dan transaksi cepat, namun rentan jika perangkat hilang atau dicuri.

Web Wallet:

Crypto wallet yang diakses melalui browser web. Meskipun memberikan akses dari berbagai perangkat tanpa instalasi tambahan, web wallet rentan terhadap serangan phishing dan risiko keamanan lainnya.

Hardware Wallet:

Berupa perangkat keras yang menyimpan kunci pribadi secara offline, memastikan tingkat keamanan yang tinggi. Namun, keterbatasan dalam portabilitas dan ketergantungan pada perangkat fisik menjadi kendalanya.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network