Berkaca Dari Ulah Aleix Espargaro Langgar Aturan Bubble, Jangan Terulang Di Mandalika!

Fitradian Dimas Kurniawan
Pembalap Tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro. (Foto: MotoGP)

Pembalap Tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro. (Foto: MotoGP)

SEPANG, iNewsSerpong.id – Pengalaman berharga bisa dipetik penyelenggara balapan MotoGp Indonesia di Sirkuit Pertamina Mandalika International, Lombok NTB. Ditengah amuk viran Omicron, penyelenggara menetapkan aturan bubble yang membatasi pergerakan pembalap dan tim MotoGP.  

Nah ini biang keroknya, pihak Sirkuit Sepang dibuat kesal dengan tingkah salah satu pembalap MotoGP yang kedapatan melanggar aturan bubble di lokasi trek pada tes pramusim Malaysia di pekan ini. Tak mau kejadian itu terulang lagi, pihak Sirkuit Sepang lantas memarahi otoritas penyelenggara MotoGP, yakni FIM untuk mengawasi para pembalap mereka.

Saat ini MotoGP memang tengah menjalani uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia. Dimulai dari pengetesan awal atau shakedown selama 3 hari dan disusul uji coba resmi mulai 5-6 Februari.

Sebab itu, para personel MotoGP, termasuk kru dan media harus berada di bubble. Pergerakan mereka hanya terbatas hanya di Sirkuit Sepang dan hotel yang berada tepat di sebelah lintasan.

Namun, seperti dikabarkan Autosport, Jumat (4/2/2022), salah satu pembalap telah melanggar bubble. Rider itu adalah jagoan Aprilia Racing, yakni Aleix Espargaro yang kedapatan meninggalkan area bubble.

Espargaro diketahui menggunakan sepedanya untuk meninggalkan area bubble. Dia kemudian bersepeda menuju Putrajaya, yang terletak 20 km dari Sirkuit Sepang.

Pembalap asal Spanyol itu bahkan sempat mengunggah kegiatan di akun Instagram miliknya. Sejumlah pihak lantas mempertanyakan kegiatan yang dilakukan oleh Espargaro.

Hal itu membuat otoritas Sirkuit Sepang berang. Sebab itu, mereka memperingatkan FIM untuk memperketat penjagaan di sekitar bubble agar tak menyebar.

Hanya saja, pihak Sirkuit Sepang memang tak menyebut nama Espargaro secara spesifik. Namun, mereka menegaskan jika hal tersebut merupakan pelanggaran berat.

 

Setelah diusut, rupanya Espargaro diketahui tidak sadar mengenai aturan bubble yang diberlakukan secara penuh. Dia mengira aturan bubble hanya berlaku ketika uji coba pramusim berjalan.

Selain Malaysia, Indonesia juga akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP 2022. Bertempat di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), tes pramusim itu akan digelar pada 11-13 Februari 2022.(*)

 

Editor : A.R Bacho

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network