Dialog Dengan Pemuda di Tangsel, Alam Ganjar Bagikan Cerita Soal Sociopreneur 

Carlos Roy Fajarta Barus
Alam Ganjar berdialog dengan pemuda di Tangsel (Foto: Ist)

TANGERANG, iNewsSerpong.id - Muhammad Zinedine Alam, putra calon presiden nomor urut 3 dalam Pilpres 2024 Ganjar Pranowo, mengikuti kegiatan dialog dengan generasi muda di Tangerang . Alam Ganjar yang hadir bersama Mario Debora, membagikan pengalamannya dalam membangun wirausaha. 

Acara yang berlangsung di Nasi Kapau Kedai Sutan Mangkuto, Tangerang Selatan, Senin (15/1/2024), dipandu oleh Mahendra Dito dan Raka. Nampak acara tersebut berlangsung meriah.

Alam menceritakan bagaimana wirausaha berbasis sosial memiliki banyak sektor, termasuk yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat dan menjawab persoalan lingkungan. 

Meski mengedepankan aspek sosial, Alam menilai wirausaha sosial tersebut juga harus menguntungkan, agar dampak dari aktivitas tersebut bisa dirasakan manfaatnya dalam jangka waktu yang lama.

"Social entrepreneur itu aspeknya bermacam ya, ada yang fokus pada isu lingkungan, pemberdayaan masyarakat bahkan sosial kemanusiaan. Kemudian socialpreneur itu harus berkelanjutan, supaya jangka waktu untuk memberikan dampak bisa dilakukan secara terus menerus dan tidak terus-menerus disuntik," kata Alam Ganjar. 

Menurut Alam, kondisi wirausaha sosial atau Sociopreneur di Indonesia menunjukkan tren positif, di mana banyak masyarakat atau pelaku usaha yang melirik peluang bahwa dengan menggabungkan aktivitas sosial dan bisnis mampu memberikan dampak besar terhadap lingkungan. 

Kemudian, dirinya juga lantas mencontohkan beberapa startup yang dinilai sukses dalam berkecimpung di dalam wirausaha sosial tersebut, seperti E-Fishery. 

"Salah satu contohnya adalah Mas Gibran Co-Founder E-Fishery, merupakan sosok pemuda yang sangat hebat. Dia membuat suatu unit usaha yang berbasis pada permasalahan pakan peternakan yang ditemuinya di Jawa Timur," jawab Alam. 

"Dia membuat suatu sistem di mana pakan ikan menjadi suatu hal yang terotomatisasi dengan bermodalkan tabung dan automatic feeder dan bisa menjadi startup sociopreneur yang profitable dan menjadi salah satu perusahaan startup Indonesia di Indonesia," katanya.

Alam mengimbau kepada generasi muda yang ingin memulai usaha berbasis sosial agar melakukan screening dan analisa dini terhadap isu apa yang akan diangkat dan dijadikan dasar dalam membangun wirausaha. 

"Sehingga usaha yang dijalankan bisa sesuai dengan misi sosial secara berkelanjutan," tuturnya.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Sharing Session Bareng Pemuda Tangsel, Alam Ganjar Bagikan Cerita Soal Sociopreneur ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/sharing-session-bareng-pemuda-tangsel-alam-ganjar-bagikan-cerita-soal-sociopreneur.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network