get app
inews
Aa Read Next : Hajatan Rakyat Ganjar-Mahfud di Manado, Ganjar: Sulut Harus Jadi Pintu Gerbang Ekonomi Baru

Ikut Istighosah Bersama Ratusan Santri Probolinggo, Atikoh Bicara Pentingnya Etika dan Adab

Jum'at, 26 Januari 2024 | 11:06 WIB
header img
Istri capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti saat menghadiri istigasah bersama ratusan santri dan satriwati di Pondok Pesantren Tarbiyatus Salafiyah, Tegalsiwalan, Probolinggo, Kamis (25/1/2024) malam. Foto/TPN Ganjar-Mahfud

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Siti Atikoh Supriyanti, Istri calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo, terus melakukan kunjungan silaturrahmi keberbagai daerah di Indonesia.  Atikoh Ganjar, menghadiri Istighosah bersama ratusan santri dan satriwati di Pondok Pesantren Tarbiyatus Salafiyah, Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, pada Kamis (25/1/2024) malam.

Pada kesempatan itu, Atikoh Ganjar mengungkapkan bahwa nilai menjaga etika dan akhlak sangat penting dalam menjalankan kehidupan bersosialisasi di masyarakat. Sebab, Atikoh menyakini jika nilai-nilai tersebut harus terus dibawa dalam setiap kondisi, di dunia pendidikan, dunia kerja, hingga bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat. 

Atikoh mengatakan bahwa pendidikan di pondok pesantren mengajarkan banyak hal, dari manajemen waktu, disiplin, dan kerja sama. "(Para santri) terus sudah terbiasa dengan manajemen waktu, terbiasa dengan kedisiplinan, terbiasa dengan kerja kelompok, dan paling penting adalah kebiasaan menerapkan takwa. Inilah yang paling penting," kata Atikoh.

Berbekal pendidikan di pesantren, ibunda Muhammad Zinedine Alam Ganjar ini meyakini para santri ketika bersosialisasi, berkomunikasi, dan bersilaturahmi dengan seseorang, akan mengedepankan adab dan etika. Apalagi, ketika para santri kelak terjun ke dunia kerja yang penuh dengan persaingan.

"Apalagi misalnya di dunia kerja, yang paling menentukan kita disukai atau tidak sama orang, bagaimana kita pekerjaannya itu sangat ditentukan oleh seberapa besar, seberapa baik akhlak kita, bukan hanya dari nilai akademis," ucapnya. 

"Nilai akademis itu penting, tapi ada yang paling penting adalah etika kita, adab kita, akhlak kita kepada orang lain. Jadi di situlah nilai positif yang luar biasa," tambahnya. 

Tak lupa, mantan wartawati ini menyebut bahwa para santri adalah anak yang paling ikhlas menempuh pendidikan formal maupun agama. Atikoh pun memberikan semangat kepada para santri untuk terus belajar dengan gigih dan serius sehingga bisa bermanfaat bagi bangsa dan negara. 

"Jadi cukup padat sekali aktivitas di ponpes, apalagi nanti kemudian ada pendidikan umumnya di sini, dan khususnya menghafal Al-Qur’an, surat-surat atau hadits, ini kan menunjukkan bahwa adik-adik ini ikhlasnya luar biasa, belajar terus. Tetapi justru manfaatnya itu, kita melihat banyak sekali santri-santri dari Indonesia ketika sudah dewasa maka bisa mendapatkan posisi di mana pun," jelas cucu pendiri Ponpes Riyadus Sholikhin Kalijaran KH Hisyam A Karim ini.


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Jum'at, 26 Januari 2024 - 08:20 WIB oleh Muhammad Refi Sandi dengan judul "Di Hadapan Ratusan Santri Probolinggo, Atikoh Bicara Pentingnya Etika dan Adab". 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut