Hubungan Israel dengan Negara Arab: Sejarah dan Perkembangan Terbaru

Syarifudin
Presiden Israel Isaac Herzog bertemu Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 30 Januari 2022. Foto/Mohamed Al Hammadi/Kementerian Kepresidenan. (Foto: Wam/Reuters)

KAIRO, iNewsSerpong.id - Kompleks dan dinamis dalam politik global untuk menggambarkan hubungan antara Israel dan negara-negara Arab.

Meskipun konflik dan ketegangan sering mendominasi narasi, beberapa negara Arab telah membangun hubungan diplomatik dengan Israel.

Berikut adalah ringkasan hubungan Israel dengan sejumlah negara Arab:

1. Mesir

Pada 1979, Presiden Mesir Anwar Sadat menandatangani perjanjian damai dengan Israel setelah negosiasi di KTT Camp David dengan Presiden AS Jimmy Carter. Perjanjian ini mengakui Israel secara resmi dan memulai hubungan diplomatik penuh.

2. Yordania

Pada 26 Oktober 1994, Raja Hussein dari Yordania dan Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin menjalin perdamaian selama upacara yang disaksikan oleh Presiden AS saat itu, Bill Clinton.

3. Uni Emirat Arab (UEA)

Pada 15 September 2020, Presiden AS Donald Trump, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Menteri Luar Negeri Bahrain Abdullatif al-Zayani, dan Menteri Luar Negeri UEA Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan menandatangani perjanjian normalisasi.

4. Maroko

Pada 10 Desember 2020, dengan bantuan AS, Israel dan Maroko setuju untuk menjalin hubungan diplomatik dan perdagangan penuh. Hubungan antara keduanya telah ada sejak lama, meskipun tidak resmi. Pada Agustus 2021, Maroko dan Israel menandatangani perjanjian tentang konsultasi politik, penerbangan, budaya, dan pertahanan.

5. Sudan

Meskipun Sudan adalah bagian dari Perjanjian Abraham, negara ini belum menyelesaikan penandatanganan perjanjian normalisasi dengan Israel. Namun, pada 2 Februari 2023, kedua negara secara resmi menyelesaikan kesepakatan untuk menormalisasi hubungan.

Meskipun masih ada perbedaan pendekatan dan tingkat kerjasama, hubungan antara Israel dan beberapa negara Arab menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. (*)



Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Syarifudin dengan judul "Daftar Negara-negara Arab Sekutu Israel".

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network