Agama Warga Uzbekistan Mayoritas atau Sebanyak 96,3 Persen Islam

Hantoro
Uzbekistan adalah negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam. (Foto: Ist)

TASHKENT, iNewsSerpong.id - Banyak yang bertanya apakah Islam menjadi agama mayoritas bagi warga Uzbekistan? Iya betul sekali.

Republik Uzbekistan adalah sebuah negara berdaulat di Asia Tengah, sebelumnya merupakan bagian dari Uni Soviet.

Uzbekistan terkurung daratan dan berbatasan langsung dengan Kazakhstan di barat dan utara, Kirgizstan dan Tajikistan di timur, serta Afganistan dan Turkmenistan di selatan.

Sisa Peninggalan Uni Soviet

Bahasa resmi Uzbekistan adalah bahasa Uzbek dari rumpun Turkik, dengan bahasa Rusia juga digunakan sebagai sisa peninggalan pemerintahan Uni Soviet.

Sekitar 1 juta orang Tajik, yang masih serumpun dengan orang Persia, tinggal di Uzbekistan, menyumbang 4,8 persen dari total penduduk.

Islam adalah agama mayoritas di Uzbekistan, dengan mayoritas penduduk beragama Muslim Sunni, dianggap sebagai salah satu umat Islam paling taat di Asia Tengah.

Data yang dirilis Pew Research Center pada 2009, populasi Muslim di Uzbekistan mencapai 96,3 persen.

Meskipun dominan, praktik Islam di Uzbekistan beragam, dan konflik antara tradisi Islam dan reformasi atau sekularisasi telah membentuk praktik Islam di sana selama abad ke-20.

Pada akhir kekuasaan Uni Soviet, Uzbekistan tidak mengalami kebangkitan fundamentalisme Islam seperti yang diprediksi, melainkan secara bertahap memperkenalkan kembali ajaran Islam.

Salah satu situs sejarah Islam yang terkenal di Uzbekistan adalah makam Imam Bukhari, perawi hadits terkemuka. Beliau lahir di Kota Bukhara, Uzbekistan, dan wafat di Kota Samarkand, Uzbekistan, yang kini menjadi destinasi wisata religi.

Ziarah ke makam Imam Bukhari tidak hanya meliputi kunjungan ke makamnya, tetapi juga ke mushola, perpustakaan, dan madrasah di kompleks tersebut. (*)

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network