Siap Bantu Jemaah Haji Tersesat, Petugas Siaga 24 Jam di Masjidil Nabawi

Widya Michella
Petugas membantu jemaah haji tersesat (dok. Kemenag)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Petugas haji Indonesia bersiaga selama 24 jam di pelataran dan setiap sudut Masjid Nabawi, Kota Madinah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi para jemaah haji yang tersesat di sekitar Masjid Nabawi.

"Seksus akan melakukan penjagaan di pos setiap sudut gerbang masjid. Apabila ada yang tersesat atau kesasar atau terpisah rombongan, akan diantarkan sampai ke hotel," ujar Sunardi, Kepala Sektor Khusus Masjid Nabawi PPIH Arab Saudi, di Madinah, Sabtu (18/5/2024).

Menurut Sunardi, wajar bila banyak jemaah tersesat. Masjid Nabawi memiliki 42 pintu dan 69 gerbang.

Jemaah sering masuk dan keluar masjid dari pintu yang berbeda. Apabila jemaah bingung saat terpisah dari rombongan, maka jemaah bisa langsung mendatangi sudut gerbang Masjid Nabawi. Sebab, ada petugas di semua sudut masjid yang siap mengantar jemaah ke hotel.

“Setiap hari selalu ada jemaah haji yang lupa jalan pulang ke penginapan, jemaah yang terpisah dari rombongan, jemaah yang kelupaan alas kakinya, dan kasus lainnya,” ujar Fitria Ananda yang bertugas di pos lima pintu 360 Sektor Khusus (Seksus) Nabawi.

Fitria mengatakan, tugasnya adalah mengantarkan jemaah ke penginapannya. Apabila dalam waktu bersamaan ada jemaah lain yang juga tersesat, pihaknya akan berkoordinasi dengan petugas sektor agar bisa dijemput.



Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network